Wednesday, February 19, 2020

Twister


Pada Juni 1969 Oklahoma, Jo Thornton muda dan keluarganya dibangunkan oleh tornado F5 yang mendekat. Keluarga mencari perlindungan di ruang bawah tanah badai mereka, tetapi tornado merobek pintu ruang bawah tanah dan menarik ayah Jo ke kematiannya.

Dua puluh tujuh tahun setelah kematian ayah Jo, National Severe Storms Laboratory memperkirakan rekor wabah tornado di Oklahoma selama 24 jam. Sekarang seorang dewasa, Jo, seorang ahli meteorologi dan pengejar badai, dipersatukan kembali dengan suaminya yang terasing, Bill Harding, seorang mantan peneliti cuaca dan sesama pengejar badai, yang sejak itu pindah untuk menjadi reporter cuaca televisi; dia berencana menikahi terapis reproduksi Melissa Reeves.

Namun, rencananya tertunda sampai Jo menandatangani surat cerai yang sudah lama ditunggu. Mengunjungi kamp Jo untuk membuatnya menyelesaikan formulir, ia menemukan bahwa dia dan timnya telah membangun empat perangkat penelitian tornado yang disebut DOROTHY berdasarkan desain Bill. Setiap unit berisi ratusan sensor yang, jika diambil oleh tornado, akan memberikan data yang dapat mengarah pada terobosan dalam penelitian meteorologi.

Sebelum Jo dapat menyelesaikan dokumen, timnya bergegas untuk mencegat tornado F1 terdekat, memaksa Bill dan Melissa untuk mengejarnya. Bill bertemu dengan Dr. Jonas Miller, seorang ahli meteorologi yang didanai perusahaan dan pemburu badai saingan lama, dan belajar bahwa ia telah menciptakan sebuah perangkat yang disebut DOT-3, salinan DOROTHY. Bill bersumpah untuk membantu Jo menggunakan DOROTHY sebelum Jonas dapat menggunakan DOT-3 dan mengklaim kredit untuk ide tersebut.

Dalam upaya untuk mengerahkan DOROTI dan kembali ke kehidupannya yang biasa, Bill melakukan manuver Jeep Gladiator off-road Jo ke parit berlumpur menuju tornado yang berkembang pesat.

Mereka bertabrakan dengan jembatan kayu kecil dan menemukan diri mereka terjebak di jalur langsung dari tornado yang akan datang. Ketika mereka berlindung, truk Jo dan DOROTHY saya sama-sama diangkat dan dihancurkan oleh tornado.

Tornado kedua terlihat. Jonas dan timnya juga bergerak untuk mencegat sel badai, yang pada saat ini telah berkembang menjadi tornado F2. Namun, intuisi Bill bahwa tornado akan bergeser ke arah lain membuat mereka pergi ke arah yang benar.

Bill, Jo, dan Melissa memiliki pertemuan berbahaya dengan tornado puting beliung kembar di jalan tertutup dan mereka berputar, yang membuat Melissa terguncang. Namun, anggota tim lainnya sangat gembira dengan pertemuan itu dan meyakinkan Jo untuk membiarkan mereka pergi mengunjungi Jo's Bibi Meg di kota terdekat Wakita untuk makan dan beristirahat.

Sementara di sana, tim memberi tahu Melissa tentang kisah Jo, menjelaskan bahwa sejak itu Jo terobsesi untuk memastikan tidak ada orang lain yang mengalami nasib yang sama seperti ayahnya. Jo, menyadari bahwa dia jatuh cinta lagi pada Bill, mengisolasi dirinya dari anggota kelompok yang lain dan berhadapan dengan Bibi Meg, yang mengatakan kepadanya bahwa apa pun yang terjadi, mereka akan selalu berakhir bersama.

Mereka belajar tornado F3 dengan cepat terbentuk di daerah tetangga. Saat tim berusaha mencegat F3, tornado awalnya gagal muncul. Mereka membuat upaya lain untuk mengerahkan unit DOROTI, tetapi tornado terbentuk di atas mereka, merusak truk dan menghancurkan DOROTI II dalam proses.

Terkejut oleh peristiwa-peristiwa baru-baru ini dan merasa bersalah atas kematian ayahnya, Jo mulai putus asa. Ketika emosi mereka meninggi, Bill memberi tahu Jo bahwa dia masih mencintainya, tidak menyadari bahwa Melissa mendengar percakapan melalui radio CB.

Malam itu, tim tinggal di sebuah hotel di sebelah bioskop drive-in. Jo memutuskan untuk mengisi surat cerai yang tersisa tetapi terganggu ketika tornado F4 terbentuk di dekatnya, memaksa timnya serta warga kota yang terjebak dalam badai untuk berlindung. Teater, bengkel, dan banyak peralatan tim rusak berat.

Menemukan dirinya trauma oleh pengalaman mendekati kematian baru-baru ini dan mengakui cinta kembali mekar antara Bill dan Jo, Melissa dengan damai mengakhiri hubungannya dengan Bill dan membuat perjalanan pulang sendiri. Tornado terus menghancurkan kota Wakita, melukai Bibi Meg dan meratakan rumahnya.

Bibi Meg dibawa ke rumah sakit terdekat tetapi mendorong Jo untuk tidak menyerah, mengingatkannya pada Wakita yang pada dasarnya telah dihantam oleh tornado karena mereka tidak memiliki peringatan, sirene tornado baru saja mati sebelum melanda. Tim mendengar bahwa sebuah F5 terbentuk dekat dan dalam saat hening yang singkat, Jo tanpa sadar memperhatikan bunyi angin Lonceng Meg. Gambar itu menginspirasi pencerahan dan dia mulai membentuk rencana untuk meningkatkan dan menggunakan unit DOROTHY berikutnya.

Saat matahari mulai terbit, tim berangkat untuk mencegat tornado F5, yang telah tumbuh lebih dari satu mil lebarnya. Bill dan Jo meletakkan DOROTHY III yang baru diubah secara langsung di jalur F5, tetapi dihancurkan oleh pohon yang tumbang.

Sementara itu, Jonas mencoba untuk menyebarkan DOT-3 dengan cara yang sama, mengabaikan peringatan berulang-ulang Bill bahwa timnya terlalu dekat dan bahwa tornado bergeser langsung ke arah mereka.

Sebuah menara logam menusuk pengemudi Jonas, Eddie, dan kendaraan mereka tersapu ke tornado dan terlempar ke tanah, menewaskan kedua pria dan menghancurkan DOT-3 dalam ledakan yang dihasilkan. Bill dan Jo terus maju, menyadari bahwa satu-satunya cara untuk berhasil menyebarkan DOROTHY IV adalah dengan mengemudi langsung ke tornado dan melompat keluar sebelum truk Bill tersapu.

Rencana tersebut berhasil dan seluruh tim merayakan keberhasilan penerapan DOROTHY IV. Namun, perayaan Bill dan Jo terpotong pendek ketika F5 bergeser ke arah mereka. Mereka melarikan diri ke ladang jagung terdekat dan berlindung di fasilitas pompa air, mengikat diri ke pipa yang berakar dalam.

Ketika tornado melintas di atas kepala, mereka dapat melihat bagian dalam tornado, sebelum badai menghilang sama sekali. Anggota tim lainnya tiba di lokasi untuk merayakan pencapaian sementara Jo dan Bill dengan penuh semangat merencanakan fase penelitian selanjutnya, memutuskan untuk menjalankan lab mereka sendiri dan menyalakan kembali pernikahan mereka.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Twister_(1996_film)

No comments:

Post a Comment

Related Posts