Sunday, August 21, 2022

Jember International Marathon 2022

Jember International Marathon 2022 menjadi Event Running Festival pertama kali diadakan di Jember menjadi hal yang membanggakan. Para peserta setelah mengambil race pack di malam sebelumnya pada pagi hari sekira pukul 04.30 sudah berdatangan siap untuk berkompetisi yang rencana semula akan dimulai pukul 05.00.

Untung start tidak molor terlampau lama, jadi ingat saat Lari Lusi

Pukul 05.20 Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto, ST, IPU membuka Jember International Marathon 2022 untuk Rute 42K, 21K dan 10K setelah sebelumnya memberangkatkan Rute 70K dari Rembangan yang diikuti perwakilan dari 5 negara asing yaitu Malaysia, Jepang, Denmark, Belgia dan Thailand. 

Untuk event Jember Hills Classic Ultra Trail 70K prajurit Batalyon Taifib 2 Marinir, Pratu Mar/Iam Adrian Ilahi Tuankotta meraih peringkat ke tiga dengan mencatatkan waktu 11 jam 45 menit 50 detik dan berhak menyabet medali Perunggu .

Jember Ultra Marathon ini merupakan ajang kompetisi lari seri ke-26 dari kejuaraan Asia Trail Master 2022 yang merupakan kompetisi lari trail di Asia kelas internasional menjadi peluang agar kota Jember dapat semakin dikenal dunia.

Rute lari kategori Trail Running ini menyusuri lereng tenggara Pegunungan Argopuro dengan rute detail sebagai berikut :

  • titik start dari kawasan wisata Rembangan di kaki Gunung Argopuro, 
  • kemudian akan menuju ke Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi sejauh 10,5 Km
  • lalu berlari ke arah Batu Ampar Kali Jompo, Sukorambi dan Wisata Kemiri Panti dengan total jarak 18 Km
  • selanjutnya melewati daerah Terjun Tancak dan Agrowisata Gunung Pasang sejauh 17 Km
  • kemudian berlari menuju desa Karangpring, Sukorambi dan diteruskan ke Cendhani Park Slawu sepanjang 19 Kilometer.
  • dan terakhir Finish di Alun-alun Jember, dengan batas waktu untuk menyelesaikannya adalah 14 jam.

Untuk rute yang road run adalah di dalam kota Jember, mulai dari alun-alun, Jl. A. Yani, Jl. Trunojoyo, Jl. Gajah Mada, Jl. Hayam Wuruk, Jalan Sultan Agung hingga kembali ke alun-alun.

Total peserta yang mengikuti Jember Running Festival adalah sebanyak 326 orang pelari yang terbagi beberapa kategori yaitu Kids 1 KM (22 pelari), Kids 5 KM (37 pelari), 10 KM (150 pelari), 21 KM (76 pelari), dan 42 KM (39 pelari). 

Semoga event Jember Running Festival menjadi agenda tahunan dengan tahun depan bisa diadakan lagi dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan semoga penyelenggaraannya menjadi semakin baik dengan bisa mencontoh Kediri Marathon 2020 atau Suunto Half Marathon 2019 atau Surabaya Marathon 2019.


Sumber :

https://surabaya.tribunnews.com/2022/08/21/jember-running-festival-jadi-promosi-keindahan-daerah-peserta-asing-nilai-sudah-berkelas-dunia

https://www.hariansuara.com/tv/876/jember-international-marathon-2022-event-running-festival-pertama-yang-luar-biasa

https://peloporwiratama.co.id/2022/08/prajurit-yontaifib-2-marinir-sabet-medali-perunggu-di-ajang-jember-hills-classic-2022/

https://www.jemberkab.go.id/bupati-hendy-lepas-para-pelari-jember-ultra-marathon-total-jaraknya-70-km/

https://beritajatim.com/olahraga/ratusan-orang-berlari-dalam-jember-running-festival-sebagian-dari-mancanegara/

No comments:

Post a Comment

Related Posts