Sunday, August 6, 2023

Toko Buku Bekas

Membeli buku baru memakan lebih banyak biaya, oleh karenanya banyak orang yang berpaling kepada buku bekas yang masih layak pakai. Agar tidak boncos, maka sebelum memutuskan untuk membeli buku, pastikan kamu tahu mengenai buku yang hendak kamu cari. Mulai dari penulis, penerbit, warna cover, tahun terbit, judul dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan kamu ketika menanyakan ke penjual saat mencari buku.

Setelah mendapatkan tempat atau lapak yang menjual buku-buku bekas kemudian cek kondisi buku mulai dari kondisi cover hingga kelengkapan halaman.

Beberapa toko buku bekas yang bisa kita datangi, yaitu:
  • Kampung Ilmu,  di Jalan Semarang, Surabaya.
  • Toko Lumbung Buku Bandung, di Balubur Town Square Bandung
  • The Lucky Boomerang Book Shop, di Jalan Sosrowijayan Yogyakarta
Pada umumnya buku bekas dijual pada harga sekitar setengah atau tiga perempat dari harga baru. Namun jangan salah, buku-buku langka meski bekas namun yang masih dalam permintaan atau sulit diperoleh mungkin dijual lebih dari harga tersebut.

Oleh karena itu bisnis buku bekas cukup menjanjikan. Apalagi modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil bahkan nol jika Anda memulainya dengan buku bekas koleksi pribadi milik diri sendiri atau milik teman.


Kita bisa bekerja sama dengan pemilik kedai kopi atau fotokopi yang berlokasi di sekitar kampus untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk memulai berjualan pun kita tidak perlu bingung menyediakan lapak offline, karena kita bisa memilih online dengan memanfaatkan marketplace dan media sosial. Salah satunya adalah Galaksi Bookstore yang bisa di-klik di https://www.tokopedia.com/galaksibookstore 

Lalu tentukan target pasar, misalnya kita hendak berjualan buku-buku fiksi, sastra, novel atau buku pelajaran dan ilmiah umum. Sehingga kita bisa fokus dan menentukan strategi promosinya. 

Kemudian kita bisa kerjasama dengan supplier buku bekas berkualitas untuk menambah koleksi. 

Dan yang tak kalah penting adalah bergabunglah dengan komunitas membaca, karena mereka adalah pelanggan potensial toko buku bekas.


Sumber :
https://blog.klikindomaret.com/artikel-tips-beli-buku-bekas-jangan-sampai-tertipu/
https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_bekas
https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/pengembangan-diri/masa-sih-buku-bekas-bisa-jadi-peluang-bisnis-

No comments:

Post a Comment

Related Posts