Monday, August 7, 2023

Kaset Pita menjadi Barang Koleksi dan Barang Antik

Melodi yang khas dari musik era tahun 80an dan 90an serta liriknya yang dalam membuat lagu-lagu tersebut lestari dan abadi hingga kini. Meskipun dianggap sebagai lagu lawas, tapi masih banyak penikmat musiknya sebab memiliki kenangan tersendiri.

Meskipun zaman telah berbeda, lagu-lagu Indonesia tahun 80-an dan 90-an telah memberikan inspirasi kepada musisi dan lagu Indonesia masa kini. Selain sukses memberikan inspirasi, lagu-lagu tersebut juga memiliki kualitas yang terbaik pada masanya. Karakteristik unik dari lagu pada masa tersebut tidak membuat kita jenuh untuk mendengarkannya hingga sekarang. 

Sehingga tidak heran lagu 80-an dan 90-an masih banyak diminati, tidak hanya oleh generasi yang hidup dan besar di tahun 80-an dan 90-an, namun juga oleh generasi saat ini yaitu generasi yang hidup dan besar di tahun 2000-an hingga 2020-an ini.

Tidak hanya didengarkan melalui media Youtube, namun juga hingga berburu dan mengkoleksi kaset pita, hingga kaset pita sekarang menjadi barang antik serta eksklusif.

Rata-rata untuk harga jual kaset bekas berkisar Rp20 ribu, Rp 50 ribu hingga Rp150 ribu, tergantung kondisi dan kualitas. Bahkan beberapa koleksi kaset juga ditawarkan dengan harga di atas Rp500 ribu karena kondisi barang yang langka.

Meski kehadiran layanan streaming musik digital terus berkembang dan telah membuat industri pita kaset tenggelam, penggemar kaset dan pencinta rilisan musik fisik tetap ada.

Belakangan, penggemar kaset pita, CD, ataupun piringan hitam bukan hanya didominasi mereka yang di era 80-90-an pernah merasakan kebahagian dan keindahan alunan lagu dari rilisan fisik itu. Tren mengoleksi rilisan fisik pun sudah menjadi gaya hidup bagi sejumlah anak muda. Mereka rela blusukan demi mendapatkan rilisan fisik karya musisi yang menjadi incaran.

Kaset pita yang mulai populer di Indonesia pada awal era Orde Baru dan mencapai puncaknya di dekade 1980-1990-an, ternyata kini tak benar-benar ditinggalkan. Popularitasnya sempat menyurut tergerus unduhan musik digital di paruh pertama milenium baru. 

Namun, belakangan populer lagi termasuk bagi generasi baru untuk mengobati rasa penasaran cara menikmati musik. 


Sumber :

https://news.republika.co.id/berita/mvvzov/kaset-pita-kini-menjadi-barang-antik

https://epaper.mediaindonesia.com/detail/mengundang-kenangan-lewat-kaset-pita-lawas

No comments:

Post a Comment

Related Posts