Friday, August 18, 2023

Sinetron

Dari video akun youtube Close The Door diatas, dialog antara Deddy Corbuzier, Indro Warkop dan Didin Boneng, aku baru tahu dan sadar bahwa istilah kata sinetron merupakan singkatan. Dimana Sinetron merupakan kependekan dari sinema elektronik.

Istilah sinetron dibuat dan dipopulerkan oleh penulis Arswendo Atmowiloto. Sinetron pertama di Indonesia adalah Sebuah Jendela yang ditayangkan oleh saluran televisi publik TVRI pada Desember 1962, saat istilah TV play masih digunakan untuk menyebut sinetron. 

Sinetron berbeda dengan film meski sama-sama menyuguhkan hiburan berupa akting para pemain. Sinetron merupakan film yang dibuat khusus untuk penayangan di media elektronik, seperti televisi. Sedangkan film ditujukan untuk tayang di bioskop.

Sinetron punya plot utuh yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa episode. Sedangkan film alur cerita film lebih singkat, namun tetap memasukkan pesan-pesan penting yang ingin disampaikan. Akting pada film umumnya lebih detail, logis, dan serealistis. Sedangkan akting pada sinetron cenderung dramatis.

Satu episode sinetron umumnya hanya mempunyai durasi sekitar 1 jam. Sedangkan sebuah film memiliki rata-rata durasi 90 menit hingga 2 jam.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sinetron

https://lifestyle.sindonews.com/read/1023071/158/4-perbedaan-film-dan-sinetron-simak-penjelasannya-1676422930?showpage=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts