Wednesday, May 18, 2022

Rem Cakram Motor Macet Mendadak

Jika rem cakram motor tiba-tiba macet mendadak karena Piringan Rem Cakram Motor Macet, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah cari tempat berhenti yang aman dan nyaman.

Lalu naikan motor dengan standar tengah, putar ban depan atau ban belakang. Jika putarannya keras maka benar bahwa rem cakram lah yang menguncinya. Atau pengecekan bisa dilakukan dengan rasakan saat motor didorong maju.

Untuk memperbaiki dengan cara sederhana, siapkan Kunci 8 atau Obeng Min.

Penggunaan kunci 8 dan obeng min hanya untuk penggunaan darurat, dan tidak digunakan untuk membenarkan sistem rem cakram yang macet.

Lalu dorong kampas rem yang menempel di piringan cakram dengan kunci 8 atau obeng min sampai ban lancar kembali. Baru kemudian setelah kampas rem terbuka, cari dan bawa sepeda motor ke bengkel.

Saat di jalan pastikan berjalan dengan hati-hati karena artinya kita berjalan hanya dengan mengandalkan satu rem saja, karena jika kita tetap melakukan pengereman dengan menggunakan rem yang macet tadi maka rem akan kembali macet lagi.

Cara lain adalah dengan melonggarkan rem cakram yang macet dengan menggunakan kunci 8. Caranya adalah dengan mengendurkan nipple yang ada di kaliper rem dengan menggunakan kunci 8, lalu biarkan minyak rem mengalir sampai habis. Hal ini bertujuan agar piston yang di dalam kaliper tidak menonjok kampas rem. Sehingga kampas rem tidak menjepit piringan cakram rem yang macet tadi.

Saat mengendurkannya, di ujung nipple jangan lupa dikasih selang. Atau karena dalam kondisi darurat tidak ada selang, kita gunakan lap basah. Setelah minyak habis pastikan ceceran minyak rem dilap hingga bersih dan tidak membahayakan orang lain.


Sumber :

https://www.gridoto.com/read/221611648/jangan-panik-lakukan-ini-saat-rem-cakram-motor-macet-mendadak?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts