Sunday, May 1, 2022

Euforia Mudik ke Jember

Akhirnya, setelah 2 tahun hari raya Idul Fitri tidak diperkenankan mudik yaitu di tahun 2020 dan di tahun 2021, akhirnya lebaran tahun 2022 yang bertepatan pada tahun 1443 Hijriah dibuka kembali oleh pemerintah.

Meskipun, pada kenyataannya selama rentang 2 tahun tersebut aku masih melakukan perjalanan ke kampung halaman. Terakhir pada bulan Februari 2022 saat ada acara pernikahan saudara sepupu sehingga harus melakukan perjalanan ke Jember dan di bulan Januari 2022 saat melakukan perjalanan ke Pekalongan.

Sehingga akhirnya diperkirakan pada musim liburan mudik lebaran tahun ini akan terjadi euforia, yaitu saat mental dan emosional yang membuat seseorang sangat bahagia, bersemangat, dan percaya diri. 

Perasaan bahagia yang intens ini lebih dari yang biasanya dirasakan.

Dan kami pun melakukan mudik juga. Dari rumah kami berangkat pada hari Minggu, tanggal 1 Mei 2022 pada pukul 08.00, start dari KM 755 dari pintu tol Sidoarjo untuk menuju ke KM 841, artinya perjalanan mudik tahap pertama via tol adalah menempuh jarak sejauh 86 km.

Kemudian separuhnya lagi sekitar 90 km lagi ditempuh melalui jalan biasa. Dan akhirnya pada pukul 11.00 kami sudah sampai di kota Jember dengan aman dan lancar.

Rencana kita berada di Jember selama 3 hari 2 malam dengan menginap di Hotel 88 Jember yang dikelola oleh Waringin Hospitality Hotel Group berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Diponegoro No. 43, Jember, Jawa Timur. 

Keesokan harinya, hari Senin tanggal 2 Mei 2022, kami melangsungkan sholat Ied di Masjid Jami’ AI-Baitul Amien. Masjid ini direnovasi pada tahun 1939 kemudian diperbarui lagi pada tahun 1973. Bangunan masjid tergolong unik karena memiliki 7 buah kopel berbentuk bundar yang menggambarkan luasnya kebutuhan umat manusia tanpa dibatasi sudut- sudut tertentu. 


Selepas sholat Ied, kemudian seperti kebiasaan tradisi saat Lebaran, kita melakukan unjung-unjung dengan tidak lupa sungkeman dan minta maaf kepada orang tua dan saudara-saudara. Dan tidak lupa untuk foto bersama sekeluarga.



Siang hari, saat mencari makan siang, banyak toko dan warung yang tutup. Wajar karena pasti hampir semua orang sedang merayakan hari raya Idul Fitri. Sehingga aku harus putar-putar. Dan akhirnya setelah memutari kota Jember nemu juga warung yang buka. Yaitu warung gado-gado depan sekolahku dulu, yaitu SMA 1 Jember.

Rasanya enak dan mantap. Dan pastinya harganya ramah di kantong.

Lalu keesokan harinya, hari Selasa tanggal 3 Mei 2022, kita berkemas-kemas kembali ke Sidoarjo untuk bersiap-siap melanjutkan perjalanan Euforia Mudik ke Pekalongan.

Namun untuk perjalanan balik tidak selancar waktu mudik 2 hari lalu, kita berangkat dari Jember pukul 9.30 dan baru sampai di Sidoarjo pukul 14.30, sehingga total perjalanan memakan waktu hampir 5 jam termasuk antri di tempat makan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts