Wednesday, May 11, 2022

Mencuci AC Rumah Sendiri

AC yang bersih artinya selain bermanfaat untuk menjaga suhu dalam ruangan juga menjaga kesehatan seisi rumah, untuk itu perlu dicuci secara yaitu 1 bulan sekali untuk perawatan kecil dan 3 bulan sekali untuk perawatan besar.

Untuk bagian outdoor kita membersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin dengan menggunakan kuas. Lalu untuk membersihkan bagian dalam kita memerlukan air. Air kita siram dan semprot ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa melepas bagian kipas. 

Siram juga outdoor AC dari sela-sela kipas ke arah depan dan ke kiri, namun hindari bagian kanan  karena ada mesin kompresor

Saat menyiram, usahakan agak kuat dengn memberi tekanan dengan tujuan agar air bisa meresap ke area yang sulit dijangkau, hal ini cukup aman karena bagian ini sudah dirancang agar air tidak mudah masuk ke komponen elektronik, sehingga dengan disemprot maka kotoran akan rontok.

Jika dirasa perlu kita bisa menggunakan air larutan sabun atau deterjen agar lebih bersih. Kita siram hingga air bekas semprotan tidak lagi kotor.

Sedangkan untuk bagian indoor yaitu filter dan cover serta bilah evaporator kita bisa menyiram dan menyemprot menggunakan alat semprotan tanaman. Misalnya kita bisa menggunakan "Hand sprayer pressure spray 1 liter Misty" yang bisa kita dapatkan di toko online.

Kita semprotkan air ke bilah AC agar kumparan evaporator menjadi bersih.


Sumber :

https://hellosehat.com/herbal-alternatif/herbal/berbagai-bahan-alami-untuk-pengharum-ruangan/

https://www.99.co/id/panduan/cara-membersihkan-ac-sendiri

No comments:

Post a Comment

Related Posts