Friday, May 13, 2022

Piringan Rem Cakram Motor Macet

Rem jenis cakram motor yang aku pakai tiba-tiba seperti seret dan macet. Rem tiba-tiba macet, dan tidak bisa kembali ke posisi semula. Sehingga gara-gra rem macet ini roda depan tidak bisa kembali berputar. 

Hal ini disebabkan oleh kampas rem masih tetap melekat pada piringan rem cakram sehingga roda tidak bisa berputar. Akibatnya sepeda motor jadi terasa berat saat jalan.

Ada beberapa macam penyebab piringan rem cakram menjadi macet, setidaknya ada 3, yaitu:

Pertama karena adanya kotoran yang melekat pada piringan rem cakram. Kotoran merupakan penyebab utama dari rem yang macet atau seret yang berasal dari debu yang masuk dan akhirnya melekat pada bagian piringan rem.

Jika debu ini tidak segera dibersihkan, maka akan mengakibatkan rem cakram menjadi seret dan lama-kelamaan bisa menyebabkan rem macet.

Kedua, karena karat yang terdapat pada bagian piringan rem, sehingga rem motor menjadi seret, dan akhirnya akan macet.

Ketiga, karena kampas rem yang masih baru dipasang tidak pas atau karena spare part kampas rem yang dipakai bukan merupakan suku cadang asli. 

Jika mengalami piringan rem cakram motor yang macet, maka ada beberapa bagian yang harus dibuka dan dilepas. Sebelumnya persiapkan dulu peralatan seperti sabun cair, sikat gigi, dan pelumas.

Kemudian buka kaliper pada piringan cakram dengan kunci L. Lepas kaliper tersebut. Semprot bagian celah piston kecil dan komet master rem hingga bersih. Untuk menyemprot bisa dengan menggunakan campuran air dan sabun cuci piring cair. Pasang kembali kaliper seperti semula. Pastikan kaliper terpasang pada posisi yang tepat

Jika rem seret karena karat, maka bersihkan karat tersebut. Biasanya hal ini terjadi pada karat piringan rem yang dalam keadaan basah terus menerus tanpa pernah dibersihkan. Pertama buka kaliper pada piringan cakram. Setelah lepas, bersihkan karat hingga piringan bersih. Setelah karat hilang, olesi piringan cakram dengan menggunakan grease atau gemuk. Lalu kembalikan kaliper pada posisi semula dengan benar..


Sumber :

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/mudah-ini-tips-mengatasi-piringan-cakram-motor-yang-macet?pages=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts