Saturday, May 28, 2022

Cepat Menjadi Sekuel yang Terlambat


Film Top Gun: Maverick menuntaskan rindu anak 80 dan 90-an yang dibayar kontan oleh Paramount Pictures dan Skydance. Bayangkan saja, film pertamanya, Top Gun, dirilis tahun 1986 sedangkan sekuelnya ditayangkan pada tahun 2022, setelah 36 tahun lamanya. 

Meski film ini sekuel dari 36 tahun yang lalu, bagi generasi milenial atau anak 2000-an tidak perlu harus menonton Top Gun sebelumnya, karena tidak ada kaitan yang besar di sekuel film ini.

Namun tetap saja, sebagai "pengingat" dari film pertamanya, sang penulis skrip yaitu Ehren Kruger, Eric Warren Singer dan Christopher McQuarrie mendesain film dengan cukup rapi sehingga kita dapat mengetahui inti konflik dari film pertamanya. 

Dimana konflik utama film ini adalah hubungan antara Maverick dengan Rooster yang merupakan putra dari Goose yang tewas di film pertama.

Saat nonton mata kita akan dimanjakan dengan gambar sinematik dari aksi akrobatik pesawat tempur F-18 dan suasana di cockpit. Ditambah lagi dengan scoring lagu rock yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang.

Di tahun 80-an hingga 90-an, gaya berpakaian Maverick di Top Gun menjadi trendsetter di dunia. Mulai dari kacamata gelap, jaket bomber dan sepeda motor.

Kawasaki Ninja GPZ900R. 

Sepeda motor yang digunakan dalam film pertama adalah Kawasaki GPZ 900R Ninja, motor Kawasaki ini merupakan motor pertama yang menyandang nama Ninja. Sedangkan dalam sekuel filmnya sepeda motor yang digunakan adalah Kawasaki Ninja versi H2 Carbon.

Hyperbike seharga USD34 ribu (Rp497 juta) ini bisa menyaingi kecepatan jet.

Yang menarik adalah dalam film ini cukup berani menampilkan karya senyata mungkin dengan cara aktor yang berperan sebagai pilot belajar terbang pesawat sehingga akting mereka terasa nyata. Meskipun pada akhirnya sang sutradara, Joseph Kosinski, yang ahli dalam efek visual CGI, memberi finishing yang apik.

Sebagai pendamping wanita atau pacar Tom Cruise dalam film pertama yang ditunjuk adalah Charlie, namun dalam film kedua diganti oleh Penny Benjamin, diperankan aktris pemenang piala Oscar Jennifer Connelly. Penny merupakan gadis yang namanya sempat disebut dalam film pertama, tapi tak ditampilkan sosoknya. Penny adalah anak laksamana yang pernah 'diculik' Maverick dan diajak naik jet olehnya. Gara-gara itu, Maverick dihukum atasannya.

Jika di film Marvel menampilkan adegan pasca-kredit, dengan tujuan untuk memancing sekuel dan agar membuat penonton tetap ada sampai akhir, namun tren modern ini tidak ditiru oleh film sekuel film Top Gun. Karena film "Top Gun: Maverick" tidak memiliki adegan pasca-kredit.

Dalam kreditnya film ini didedikasikan kepada Tony Scott, sutradara film Top Gun pertama yang meninggal pada tahun 2012.

Namun banyak orang yang menduga dan berspekulasi bahwa akan ada sekuel film lanjutan. Hal ini dikarenakan dalam film "Top Gun: Maverick" sudah diperkenalkan karakter muda baru, salah satunya adalah Miles Teller's Rooster, sebagai penerus warisan Top Gun.

Dan pada akhirnya "Top Gun: Maverick" dengan cepat menjadi salah satu sekuel yang paling 'terlambat'.


Sumber :
https://www.indozone.id/movie/n0s0Oxx/review-top-gun-maverick-seperti-dendam-harus-dibalas-rindu-harus-dibayar-tuntas/read-all
https://hot.detik.com/premiere/d-6096550/review-top-gun-maverick-sekuel-yang-superior.
https://gensindo.sindonews.com/read/778941/700/perbedaan-dan-persamaan-top-gun-maverick-dengan-film-pertamanya-1653440715?showpage=all
https://bolmong.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-1974572625/apakah-film-top-gun-maverick-memiliki-adegan-pasca-kredit-adakah-kelanjutannya

No comments:

Post a Comment

Related Posts