Sunday, May 15, 2022

Jember Marathon

Jember Ultra Marathon menjadi event bergengsi tingkat dunia yang diinisiasi oleh Asia Trail Master. sebagai salah satu event yang akan digelar Pemkab Jember untuk membangkitkan ekonomi. Dan menjadi sebuah kehormatan bahwa Kabupaten Jember menjadi tuan rumah dan menggelar event bergengsi tersebut.

Gelaran olahraga Jember Ultra Marathon ini dijadwalkan berlangsung pada 19-20 Agustus 2022.

Dengan even lari maraton yang pertama kali diadakan di Jember diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Jember karena Jember memiliki kekayaan alam pegunungan, mulai dari bukit, sungai, punya laut dan pantai.

Uniknya lagi dalam event lari marathon ini dalam satu hari akan ada 2 rute atau jalur yang akan ditempuh. Yaitu, road maraton dan tril maraton. Wilayah pegunungan untuk tril maraton dan jalanan umum untuk road maraton.

Khusus untuk road running atau lari maraton di jalan terdiri atas kategori 10 kilometer, 21 kilometer, dan 42 kilometer. Ada juga kids running yang melibatkan pelari usia muda.


Kris Van de Velde sebagai Founder Asia Trail Master menjelaskan bahwa event lari maraton ini merupakan event berseri di Asia dimana Jember menjadi bagian dari event tersebut, yaitu seri ke 26 dari kejuaraan Asia Trail Master 2022. Dalam laman asiatrailmaster.com, Asia Trail Master adalah kompetisi lari trail di Asia kelas internasional, yang dikelola Kuai Sport Promotions Ltd di Hong Kong. Ajang ini pertama kali digelar pada 2015. Selama 2 tahun yaitu pada 2020 dan 2021, kegiatan ini terpaksa dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Nantinya akan dibagi beberapa kompetisi 71 dan 42 km. Untuk tril running hanya satu kategori saja, dengan berlari di gunung, yakni start di (lokasi wisata) Puncak Rembangan, dengan Finish di alun-alun Kota Jember.

Sedangkan untuk road running, start dan finish di alun-alun Kota Jember.

Tidak hanya Jember Marathon yang menjadi usaha dalam rangka memulihkan perekonomian Kabupaten Jember, namun juga ada event-event lain yang digeber sejak bulan Mei sampai akhir tahun 2022 ini. Diharapkan sejumlah 2,6 juta penduduk Jember dapat mengangkat ekonomi lokal melalui kekuatan lokal.

Bapak Bupati mengakui beratnya memulihkan perekonomian setelah 2 tahun pandemi. Oleh karena itu beliau mengawalinya dengan menggratiskan tiket masuk di 4 lokasi destinasi wisata di Jember. Hasilnya luar biasa. Dalam 2 hari saja, ekonomi UMKM di Jember sudah agak naik dibandingkan sebelum masa pandemi Covid pada hari yang sama dan sebelum ada kebijakan penggratisan. Terjadi market place-market place di sepanjang jalan menuju tempat wisata.

Kegiatan lainnya yaitu sebagai berikut:
- J Fest (Jember Festival) di Sevendream City Kecamatan Patrang : 7 Mei 2022 
- Jember Pesta Rakyat : Juli 2022
- JFC (Jember Fashion Carnaval) : 6-7 Agustus 2022
- J-Marathon (Jember Ultra Marathon) : 19 - 20 Agustus 2022
- J ASN : Oktober 2022
- Tax Award : November 2022


Sumber :
https://faktualnews.co/2022/05/07/jember-ultra-marathon-event-lari-dengan-menempuh-rute-pegunungan-dan-jalanan/315534/
https://beritajatim.com/olahraga/ribuan-pelari-bakal-susuri-rute-rembangan-menuju-alun-alun-di-jember-ultra-marathon/
https://surabaya.tribunnews.com/2022/05/07/26-juta-rakyat-jember-diajak-pulihkan-ekonomi-event-event-akbar-digelar-hingga-akhir-2022.
https://www.detik.com/jatim/berita/d-6066813/datang-yuk-ini-jadwal-event-di-jember-hingga-akhir-tahun.
https://jember.jatimnetwork.com/nasional/pr-513356012/pulihkan-ekonomi-pemkab-jember-gelar-marathon-internasional-dan-pameran-umkm?page=2

No comments:

Post a Comment

Related Posts