Monday, May 16, 2022

Mesin Cuci Bocor (Lagi)

Mesin cuci Toshiba tipe AW 8480 kembali bocor saat digunakan. Sebelumnya juga pernah terjadi Mesin Cuci Bocor pada tahun 2019 silam. Ada kesamaan yaitu mesin cuci bocor setelah ditinggal sekitar 1 mingguan lebih. 

Semula kita gunakan cuci baju seperti biasa, saat proses cuci pertama Wash tidak ada kejanggalan. Lalu masuk ke proses cuci kedua, yaitu Rinse, terjadi masalah. Air yang harusnya tertahan di dalam mesin cuci namun terus mengalir keluar.

Jika sebelumnya adalah karena ada kerusakan pada seal atau katup karet atau klep, kali ini penyebabnya adalah ada sesuatu yang mengganjal. Kotoran yang menjadi kerak tersebut sebesar uang logam. Sehingga harus dibuka dan dibersihkan.

Kotoran atau kerak tadi mengganggu karet penahan air yang terdapat di saluran pembuangan. Dimana fungsi karet digunakan untuk menahan air agar tidak terbuang, dan membuka untuk mengeluarkan air saat berputar. Karenanya mesin cuci yang tidak dapat menampung air dengan maksimal, sehingga rembes bahkan bocor.

Selain karena kerak atau kotoran, barang lain yang dapat terbawa ketika mencuci pakaian dan tidak sengaja lalu jatuh dan dapat menyebabkan sumbatan. Karet atau klep yang terganjal oleh kotoran menyebabkan klep tidak dapat menutup saluran air sehingga air masih bisa mengalir keluar mesin cuci. 

Selain karena kotoran, penyebab mesin cuci bocor lainnya adalah karet klep yang yang sudah keras sehingga kerja klep tidak maksimal dan tidak dapat menutup saluran air dengan baik. Solusinya adalah mengganti karet dengan membeli karet klep yang baru di toko listrik atau elektronik. 

Penyebab ketiga adalah per atau pegas klep yang berkarat atau rusak. Per ini fungsinya untuk menekan karet klep sehingga dapat menutup saluran air. Jika per ini sudah rusak maka dia tidak dapat menekan karet sehingga air masih bisa keluar dari mesin cuci. Anda juga dapat mengganti per ini dengan per yang baru.


Sumber :

https://artikel.rumah123.com/cara-memperbaiki-mesin-cuci-bocor-bisa-dilakukan-dari-rumah-dengan-mudah-104502

https://www.dinginaja.com/2020/10/Cara-Mengatasi-Air-Pembuangan-Mesin-Cuci-Mampet-Bocor.html

https://kompibaru.com/cara-memperbaiki-mesin-cuci-bocor/

No comments:

Post a Comment

Related Posts