Saturday, July 29, 2023

AC Netes Air karena Kotor

AC bagian indoor yang menetes selain membuat kesal juga dapat berakibat kurangnya performa AC untuk mendinginkan ruangan. Hal ini pada umumnya diakibatkan karena perawatan AC yang kurang. Selain disebabkan karena kebocoran pada refrigerant atau freon AC, juga dapat dikarenakan hal yang lain.

Secara umum penyebab AC bocor adalah mulai dari filter udara yang kotor lalu menghalangi aliran udara dan dapat mempersulit udara untuk mengenai koil evaporator sehingga kumparan akan menjadi sangat dingin dan membeku lalu terjadilah kebocoran dari AC.

Penyebab lain kebocoran adalah drainase yang tersumbat akibat dari kotoran, debu, dan jamur serta lumut yang dapat menghalangi aliran air. Hal ini mengakibatkan terdapat timbunan jamur air akan berusaha mencari jalan keluar dan menyebabkan AC menjadi bocor.

Untuk itu pastikan perawatan dan pencucian AC secara rutin agar AC dapat bekerja secara optimal


Sumber :
https://www.fimela.com/lifestyle/read/4981329/5-penyebab-ac-netes-air-yang-sering-menjadi-masalah

Tuesday, July 25, 2023

Musk dan Huruf X

Tidak mengherankan jika aplikasi Twitter yang dimiliki oleh Elon Musk akan diubah menjadi 'X', bahkan anak pertamanya dengan musisi Grimes (Claire Elise Boucher) adalah bernama X Æ A-12 Musk.

Elon Musk juga mengubah nama bisnisnya menjadi X Corp. 

X diharapkan akan melangkah lebih jauh, mengubah global town square.

Jika mundur jauh ke belakang, pada tahun 1999 Musk telah memperkenalkan salah satu usaha bisnis pertamanya yaitu X.com, yang merupakan platform perbankan online. Tiga tahun kemudian, Musk menghasilkan $165 juta ketika X.com - yang saat itu bergabung dengan PayPal - dibeli oleh eBay. 

Elon Musk juga merupakan kepala eksekutif SpaceX, perusahaan kedirgantaraan komersial Amerika yang didirikan pada 2002.

Saat ini dia memiliki kembali nama domain X.com, yang sekarang dialihkan ke Twitter.

Jadi mengapa huruf X ?

Dalam ilmu matematika Al-Jebr atau Aljabar, huruf X mewakili yang tidak diketahui. Tidak hanya digunakan dalam matematika, namun juga dalam hal umum, misalnya the X-prize, the X-file, project X, TEDx. Ilmu pengetahuan khususnya matematika dan teknik telah digunakan pada abad pertama Masehi yaitu oleh bangsa Persia, Arab dan Turki.

Kembali ke Twitter yang berubah menjadi "X", Elon Musk menjelaskan, gagasan filosofisnya adalah untuk merepresentasikan ketidaksempurnaan dalam diri semua pengguna yang membuat setiap pengguna itu unik.

Juga bisa dikaitkan sebagai langkah penyelamatan perusahaan, karena dalam beberapa bulan terakhir Twitter menghadapi kerugian besar dalam pendapatan iklan, dan kini di ambang kebangkrutan. Terlebih saat awal Juli lalu diluncurkan media sosial Threads dari induk Facebook (FB) Meta.


Sumber :

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-66288962

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/24/19031807/logo-dan-nama-perusahaan-twitter-resmi-berubah-jadi-x?page=all#page2.

https://www.tek.id/tek/sejarah-logo-twitter-diubah-menjadi-x-b2hUn9q6d

Sunday, July 23, 2023

Friendship Run Surabaya

Akhirnya setelah 2 minggu berisitirahat karena 2 jari kaki sebelah kiri terlindas roda pagar, Minggu pagi ini mencoba kembali lari sekaligus bersama 1000 pelari di Kota Surabaya dalam event lari “Friendship Run” yang digelar oleh Bank Jateng dalam rangkaian Borobudur Marathon 2023.

Friendship Run di Surabaya ini merupakan kota ke 5 setelah sebelumnya sukses digelar di 4 kota sebelumnya, mulai dari Jakarta, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.






Pukul 06.09 pelari dilepas langsung oleh Emil Elistianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur) dan Budiman Tanuredjo (Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas) di Alun Alun Kota Surabaya.

Event lari ini bersifat fun run dengan menempuh jarak sejauh 5 kilometer melewati ruas jalan protokol di Kota Surabaya, yaitu Jalan Panglima Sudirman, Jalan Basuki Rahmat, Embong Malang, Praban dan finish di Jalan Gubernur Suryo.

Setelah sampai garis finish, para finisher disuguhi sajian kuliner asal Magelang yaitu Nasi Telang “KWT Lestari”, Nasi Goreng Magelangan “Handayani”, D’noel Mangut Beong, dan Dawet Ireng Ketan Hijau “Nak Robil”. 

Berikutnya sampai jumpa di Borobudur Marathon 2023.


Sumber :

https://www.kompas.tv/video/428358/kontes-kostum-unik-untuk-pelari-friendship-run-surabaya-yang-diikuti-seribu-peserta

https://www.kompas.com/sports/read/2023/07/23/10323468/jelang-borobudur-marathon-bank-jateng-friendship-run-sambangi-surabaya?page=all

https://www.tribunnews.com/images/regional/view/1972342/lari-5k-bank-jateng-friendship-run-surabaya#img

Saturday, July 22, 2023

Petoenjoengan

Di kota Surabaya terdapat wilayah bernama Petoenjoengan yang merupakan koridor penghubung antara Kota Lama (Kota Indisch-1870/1900) dan Kota Baru (Kota Gemeente-1905/1940) yang kemudian tumbuh dan berkembang sebagai shopping-street dengan shopping arcade (pusat perbelanjaan).

Di kemudian hari jalan Petoenjoengan dikenal sebagai jalan Tunjungan. Bangunan pusat perbelanjaan yang dibangun pertama kali di Jalan Tunjungan adalah Siola. Dulunya, toko serba ada (toserba) ini bernama White Away Laidlaw dengan gedung berwarna putih. Kemudian tahun 1920an menjadi toserba produk Jepang, Chiyoda.

Kemudian di seputaran sana ada hotel pertama di Jalan Tunjungan adalah Hotel Majapahit, yang dulunya bernama Hotel Oranye.

Setelah sempat mati jalan Tunjungan dihidupkan kembali oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan cara membongkar 'wajah' Jalan Tunjungan dan memperindahnya secara estetika. Langkah ini kemudian dilanjutkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan menetapkan Tunjungan Romansa menjadi destinasi wisata pada 21 November 2021. 

"Tunjungan Romansa" menjadikan jalan Tunjungan Surabaya menjadi kawasan destinasi wisata setingkat jalan Malioboro di Yogyakarta dengan suguhan kuliner dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya lengkap dengan tampilan hiburan seni dan budaya.

Selain malam hari, jalanan ini juga ramai di pagi hari, terkadang juga dilewati oleh event lari yang diadakan di kota Surabaya. Salah satunya event lari yang diadakan tahun 2023 ini adalah Friendship Run Surabaya.

Bagi orang luar Surabaya yang ingin menikmati malam hari di jalan Tunjungan sekaligus dekat dengan Alun-alun Surabaya bisa menginap di beberapa hotel dengan harga terjangkau yang dekat daerah sana. Misalnya Cleo Hotel Walikota Mustajab dan Hotel 88 Embong Kenongo.

Tunjungan Plaza Mall dan Grand City Mall dapat dicapai dalam 10 menit jalan kaki dari Hotel 88 Embong Kenongo. 

Hotel 88 Embong Kenongo (Kayoon) by WH berloaksi di Jalan Embong Kenongo No. 11 - 17, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60271. Hotel ini merupakan hotel bintang 2 dengan manajemen Waringin Hospitality Hotel Group yang memiliki letak yang strategis di Pusat Kota Surabaya. Hotel 88 Embong Kenongo memiliki 99 kamar yang terdiri atas Superior dan Deluxe Room dengan fasilitas AC, meja, dan kamar yang nyaman dengan private bathroom. Juga tersedia breakfast di Lantai 2. 


Sumber :

https://www.detik.com/jatim/budaya/d-6208928/sejarah-jalan-tunjungan-jadi-pusat-perbelanjaan-lifestyle-surabaya.

https://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Tunjungan

Thursday, July 20, 2023

Runaway Jury

Kejadian film Runaway Jury diawali di kota New Orleans saat seorang mantan karyawan melakukan penembakan massal dengan pistol semi-otomatis 9mm bermagasin 30 putaran di sebuah perusahaan pialang saham. 

Sebelas orang tewas dan beberapa luka-luka. Di antara yang mati adalah Jacob Wood. 

Dua tahun kemudian, dengan pengacara Wendell Rohr, janda Jacob, Celeste, menuntut Vicksburg Firearms atas kelalaian perusahaan yang menyebabkan kematian suaminya. 

Selama pemilihan juri, konsultan juri Rankin Fitch dan timnya mengkomunikasikan informasi latar belakang tentang kumpulan juri melalui pengawasan elektronik kepada pengacara pembela Durwood Cable, yang berada di ruang sidang.

Calon juri, Nick Easter mencoba dibebaskan dari tugas sebagai juri. Hakim Frederick Harkin menolak, dan mengatakan pada Nick untuk menerima pelajaran tentang tugas sipil; Fitch memberi tahu Cable bahwa hakim telah memaksa untuk itu mereka memilih Nick sebagai juri. 

Sikap Nick yang menyenangkan telah memenangkan hati sesama juri kecuali Frank Herrera, seorang veteran Marinir, yang tidak menyukainya.

Seorang wanita bernama Marlee menelepon Fitch dan Rohr dan menawarkan untuk memberikan putusan yang diinginkan kepada penawar pertama. Rohr menolak tawaran itu, menganggap itu adalah taktik Fitch untuk mendapatkan pembatalan sidang. 

Fitch tidak percaya pada Marlee dan menginginkan bukti, Maelee pun siap memberikan bukti, dengan menanyakan apakah dia "merasa patriotik" dan kemudian keesokan harinya sebelum pengadilan dimulai juri berjanji setia pada bendera. 

Fitch mengamati perilaku para juri melalui kamera tersembunyi, lalu Fitch dapat mengidentifikasi bahwa Nick lah seseorang yang sebagai pemberi pengaruh pada juri.

Fitch lalu memerintahkan penggeledahan apartemennya, tetapi tidak menemukan apa pun.

Akibat penggeledahan tersebut Marlee membalas dengan membuat salah satu juri Fitch dikeluarkan. 

Fitch kemudian memeras tiga anggota juri, salah satunya hingga membuat Rikki Coleman mencoba bunuh diri. 

Fitch mengirim kembali anak buahnya untuk menemukan perangkat penyimpanan tersembunyi di apartemen Nick dengan informasi kunci, setelah itu mereka membakar apartemennya. 

Nick pun menunjukkan kepada hakim rekaman video tentang orang-orang Fitch yang membobol apartemennya, akhirnya demi keamanan dan kenyamanan juri pun diasingkan.

Di pengadilan saksi kunci Rohr, mantan karyawan Vicksburg, tidak muncul. 

Rohr pun memutuskan bahwa dia tidak dapat memenangkan kasus tersebut. Dia meminta $10 juta kepada mitra perusahaannya untuk membayar Marlee. Namun Rohr kembali pada prinsipnya, Rohr pada akhirnya menolak untuk membayar, memilih untuk mengambil risiko melawan Fitch sambil menjaga hati nuraninya tetap bersih. 

Fitch mengirim seorang agen, Janovich, untuk menculik Marlee, tapi dia melawannya dan berhasil lolos. Oleh karena itu Marlee pun menaikkan harganya menjadi $15 juta. 

Pengadilan berikutnya CEO Vicksburg Firearms memberikan kesaksian namun dia kehilangan kesabaran di bawah pemeriksaan silang dan membuat kesan buruk pada juri, oleh karena itu Fitch setuju untuk membayar Marlee untuk memastikan putusan tersebut.

Bawahan Fitch yang lain, Doyle, yang sedang menyelidiki Nick, menemukan bahwa Nick sebenarnya adalah Jeff Kerr, seorang putus sekolah hukum. Dia kemudian pergi ke Gardner, Indiana, tempat Jeff dan pacar sekolah hukumnya Gabby (yaitu, Marlee) berasal. 

Doyle berpura-pura mempunyai keluarga dengan 3 anak ingin pindah rumah lalu dengan lembut menanyai ibu Gabby, yang mengungkapkan bahwa saudara perempuan Gabby meninggal dalam penembakan bertahun-tahun yang lalu ketika dia masih di sekolah menengah. 

Pada saat itu, kota Gardner menggugat pembuat senjata yang digunakan dan hilang; Fitch telah membantu pihak pembela memenangkan kasus tersebut. Doyle menyimpulkan bahwa tawaran Nick dan Marlee adalah jebakan, dan segera dia menelepon Fitch, tetapi sudah terlambat karena uangnya telah dibayarkan.

Setelah Nick menerima konfirmasi pembayaran, dia meminta juri lain untuk meninjau fakta, mengatakan bahwa mereka berutang kepada Celeste Wood untuk berunding. Hal ini menyebabkan Herrera melontarkan kata-kata kasar terhadap penggugat, yang melemahkan dukungan apa pun yang dia dapatkan dari juri lainnya. 

Akhirnya juri sepakat bahwa produsen senjata dinyatakan bertanggung jawab, dengan juri memberikan $110 juta sebagai ganti rugi umum kepada Celeste Wood.

Setelah persidangan, Nick dan Marlee menghadapkan Fitch dengan tanda terima suap $15 juta, yang akan mereka umumkan kecuali dia pensiun. Fitch bertanya kepada Nick bagaimana dia membuat juri memilih penggugat; Nick menjawab bahwa dia tidak melakukannya, dia hanya menghentikan Fitch untuk mencuri hasil persidangan sehingga juri dapat memilih dengan hati mereka. 

Nick dan Marlee memberi tahu Fitch yang marah bahwa "biaya" $15 juta akan menguntungkan para korban penembakan di Gardner.

Akhir film memperlihatkan saat Rohr melintasi jalan dengan Celeste Wood dan putranya dalam perjalanan ke jamuan makan, dia melihat Nick dan Marlee menonton anak-anak bermain di taman bermain sekolah. 

Mereka bertukar pandang penuh pengertian, Rohr memahami apa yang terjadi, senyum pasrah singkat tapi penuh penghargaan di wajahnya. Rohr pergi saat Marlee dan Nick memutuskan untuk pulang ke Gardner.

Wednesday, July 19, 2023

Abundance Denial

Buku Gregg Easterbrook yang berjudul The Progress Paradox: How Life Gets Better While People Feel Worse (2003) menyatakan bahwa segala sesuatu tentang kehidupan modern ini lebih buruk daripada zaman sebelumnya. Secara materi kita mungkin lebih makmur daripada sebelumnya, namun bukan berarti kita menjadi lebih sejahtera.

Dalam buku tersebut mengutip data statistik yang menunjukkan bahwa orang Amerika lebih baik dalam hal materi dan jumlah waktu luang tetapi tidak lebih bahagia dari sebelumnya. Easterbrook berpendapat bahwa ini terjadi karena choice anxiety atau kecemasan pilihan (terlalu banyak keputusan yang harus dibuat) dan penyangkalan kelimpahan (tidak menyadari seberapa baik yang kita lakukan).

Benar bahwasanya faktor-faktor kehidupan yang "kualitatif" meningkat, tren lingkungan hampir semuanya positif dan kesehatan masyarakat juga meningkat.

Namun muncul paradoks.

Mengenai faktor ekonomi menunjukkan bahwa orang-orang secara mengejutkan murung tentang masa depan. Mereka merasa bahwa tidak 'cukup menabung', ada 'kesenjangan pendapatan' yang melebar dan kelas menengah menyusut. Hal ini disebut oleh Gregg Easterbrook sebagai 'abundance denial' atau 'penyangkalan kelimpahan'. 

Kehidupan batin orang menjadi miskin dan bingung sehingga meskipun keadaan menjadi lebih baik tapi kita merasa lebih buruk. Salah satu penyebabnya adalah karena begitu banyak pilihan yang tersedia bagi kita sehingga kita menjadi bingung dan cemas. 

Masyarakat juga sedang mengalami pergeseran dari “keinginan material” menjadi “keinginan yang berarti” dimana mereka merasa hidup mereka kurang berarti.

Untuk itu agar kita menuju kebahagiaan maka kita harus senantiasa berpikir positif dengan menjadi lebih pemaaf dan lebih bersyukur, serta kembangkan rasa “makna” yang lebih luas. Ini merupakan "obat" yang diusulkan untuk membuat hidup kita lebih bermakna dengan berbuat baik sambil hidup dengan baik.


Sumber :

https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/ijppm.2004.07953eae.001/full/html

https://www.aei.org/carpe-diem/abundance-denial/

https://en.wikipedia.org/wiki/Gregg_Easterbrook

Life Expectancy

Harapan Hidup merupakan jumlah rata-rata usia yang diperkirakan pada seseorang atas dasar angka kematian pada masa tersebut yang cenderung tidak berubah di masa mendatang. Angka Harapan Hidup ini menjadi sarana evaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya di suatu negara.

Angka Harapan Hidup (AHH) Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Tahun), 2020-2022 bisa kita lihat di website bps.go.id

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, Angka Harapan Hidup di Indonesia pada tahun 2021 adalah sebesar 71,6 tahun. Jumlah tersebut meningkat 0,1 tahun dari tahun tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2020 AHH di Indonesia adalah sebesar 71,5 tahun.

Sedangkan menurut data yang dirilis World Bank pada tahun 2020, Indonesia memiliki Angka Harapan Hidup sebesar 71,91 dan berada di peringkat ke-115 di dunia. 

Berdasarkan provinsi, posisi pertama dengan Angka Harapan Hidup tertinggi di Indonesia ditempati oleh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu sebesar 75,08 tahun, naik dari tahun sebelumnya dengan skor 75,02 tahun. 

Menurut data Worldometers, angka harapan hidup penduduk dunia sebesar 73,2 tahun pada 2020. Wanita memiliki harapan hidup yang lebih lama yakni 75,6 tahun, sedangkan pria 70,8 tahun. Faktor utama yang membuat angka harapan hidupnya tinggi adalah kualitas fasilitas kesehatan anak yang memadai. 

Berdasarkan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan OECD dari laporan Swissinfo, Swiss punya harapan hidup terpanjang di dunia untuk kaum laki-laki dengan memiliki harapan hidup 81,9 tahun, sedangkan usia harapan hidup perempuan di Swiss tetap lebih tinggi, yaitu 85,6 tahun.

Sedangkan berdasarkan paparan penjelasan dari Far & Wide, Monako menjadi negara dengan angka harapan hidup paling tinggi di dunia yaitu sampai menyentuh di usia 89,4 tahun rata-rata. Hal ini tidak hanya berangkat dari fasilitas kesehatan yang memadai, tetapi negara kecil di benua Eropa ini memiliki pola makan sehat, yaitu Diet Mediterania.


Sumber :

https://dinkes.jayapurakab.go.id/2933-2/

https://ourworldindata.org/life-expectancy

https://www.bps.go.id/indicator/40/501/1/angka-harapan-hidup-ahh-menurut-provinsi-dan-jenis-kelamin.html

https://goodstats.id/article/5-provinsi-dengan-angka-harapan-hidup-tertinggi-di-indonesia-xz4cQ

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/08/wanita-hong-kong-punya-harapan-hidup-terpanjang-di-dunia

https://www.kompas.tv/internasional/373690/ini-negara-dengan-harapan-hidup-tertinggi-di-dunia-usia-perempuan-lebih-panjang-ketimbang-lelaki

https://www.sonora.id/read/423304136/5-negara-dengan-angka-harapan-hidup-paling-tinggi-di-dunia-indonesia-termasuk-enggak-sih

Monday, July 17, 2023

Adiyuswa

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia menyatakan bahwa adiyuswa adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun ke atas.

Perlu adanya jaminan kesehatan yang menjangkau seluruh Lansia. Terutama jaminan kesehatan untuk prevalensi penyakit-penyakit kronis, program pelayanan dan pemberdayaan lansia seperti perawatan di rumah/home care, program Asistensi Sosial Lanjut Usia Telantar (ASLUT), pelayanan sosial kedaruratan bagi lansia, program family supportlansia, day care services, pengembangan kawasan ramah lansia, dan program lansia tangguh.

Meski adiyuswa tergolong kelompok masyarakat yang tidak lagi produktif maka perlu peran serta masyarakat dan pemerintah untuk mendorong adiyuswa tetap aktif, sehat, produktif, dan menjadi aset ketahanan nasional.

Kesehatan adiyuswa juga perlu dibangun dengan olahraga rutin. Adiyuswa juga perlu memperhatikan asupan gizi yang seimbang, praktik pola hidup yang bersih, aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara rutin. Kebutuhan adiyuswa akan energi, protein, dan lemak berkurang, tetapi kebutuhan vitamin dan mineralnya meningkat.

Saat ini Indonesia memiliki 9 persen jumlah adiyuswa. Bangsa yang memiliki jumlah penduduk berusia lanjut yang mencapai 17 persen terancam bangkrut, seperti negara Yunani, Portugal, dan Italia.

Merawat adiyuswa bukan saja sekedar mengurus kesehatan dan kesejahteraan secara fisik, namun juga menjaga dari segi perasaan dan mental. Hal ini merupakan hal yang menantang yang dituntut kesabaran seluas samudera.

Hanya pribadi istimewa yang sanggup menunaikan tugas mulia dalam membahagiakan adiyuswa.


--

Didedikasikan kepada Mbah Sadjiman Kartodimedjo yang telah berpulang 3 tahun lalu.


Sumber :

https://www.komnasham.go.id/index.php/news/2020/10/15/1598/catatan-terhadap-uu-13-1998-tentang-kesejahteraan-lanjut-usia.html

https://uiupdate.ui.ac.id/article/hidup-sehat-dan-bahagia-di-usia-tua

https://www.antaranews.com/berita/3561576/menaklukkan-tantangan-ganda-dalam-membahagiakan-adiyuswa

Tuesday, July 11, 2023

Hematoma Subungual

Hematoma subungual adalah kumpulan darah di bawah kuku jari yang biasa terjadi ketika cedera yang dialami merusak pembuluh darah terbuka di bawah kuku. Akibatnya, darah berkumpul dan terperangkap di satu titik dan menghasilkan kuku berwarna hitam. 

Penyebabnya bisa terjadi karena cedera saat bermain sepak bola, kejatuhan benda berat tepat di kuku tangan atau kaki, atau memakai sepatu sempit. Kebanyakan kasus hematoma subungual tidak membutuhkan perawatan khusus. 

Segera lakukan tindakan menutup luka secara longgar dengan kasa kering dan hindari luka dari terkena air. Apabila sudah kering dan tepi luka sudah menyatu, jahitan dapat dilepaskan oleh dokter. Penyatuan tepi luka dapat berlangsung lama, yaitu dapat hingga 14 hari.

Dokter bisa mencabut kuku dan menjahitnya bila luka yang dialami cukup parah, namun dokter juga terkadang tidak akan mengangkat kuku yang rusak dan membiarkannya agar bagian bawah kuku terlindungi. 

Hematoma subungual kecil dengan ukuran kurang dari 25% luas kuku dan tidak terasa nyeri, tidak memerlukan tindak lanjut. Hematoma ini dapat diserap dengan sendirinya oleh tubuh. 

Hematoma subungual yang ukurannya lebih dari 25-50% luas kuku, penanganannya masih kontroversial dan bervariasi sesuai dengan preferensi dari dokter yang mengerjakan. Sebelumnya, penanganan hematoma subungual yang direkomendasikan adalah pencabutan kuku dan perbaikan laserasi. 

Selain itu, dokter juga akan menyarankan untuk melakukan prosedur nail trephination, yaitu prosedur untuk mengalirkan darah dari bawah kuku. Prosedur ini dilakukan untuk meringankan rasa sakit dan tekanan pada bagian yang cedera. 

Pertumbuhan kuku akan tetap dapat terjadi selama jaringan germinativumnya atau cikal bakal kuku dalam kondisi yang baik. Kuku akan tumbuh 1mm setiap harinya. Sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan agar kuku dapat berukuran normal. 

Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein seperti putih telur dan ikan gabus agar penyembuhan dapat segera terjadi.


Sumber :
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kuku/kuku-hitam/
https://www.alomedika.com/perbandingan-manajemen-hematoma-subungual
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/jari-tangan-luka-kecelakaan

Monday, July 10, 2023

Mahfud MD

Mahfud MD saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan masa kecilnya dihabiskan di Kabupaten Pamekasan. Tepatnya di Kecamatan Waru, 33 kilometer jaraknya dari kota ke rumah beliau.

Mohammad Mahfud lahir di sebuah desa di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, pada tanggal 13 Mei 1957 sebagai anak keempat dari tujuh bersaudara.

Jadi pada nama asli lahir beliau adalah Muhammad Mahfud tidak ada kata MD. Namun, karena ada tiga nama ketika dia duduk di Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMTP), maka masing-masing nama Mahfud diberi inisial nama orang tuanya.

Sehingga arti nama MD dalam Mahfud MD ternyata singkatan dari Mahmodin, nama sang ayah.

Sewaktu kecil, Mahfud MD kecil bersekolah dan belajar mengaji di Pondok Pesantren Al-Mardieh Pamekasan. Terakhir dia kesana adalah sekitar 7 tahun silam, banyak perubahan dari segi pembangunan yang sangat mewah.

Tidak itu saja di Pamekasan memang cukup banyak perubahan. Mulai dari banyak pertokoan, kafe, depot dan restoran serta hotel seperti Front One. Untuk pertokoan juga ada MR.DIY yang menjadi toko ke-229 di Jl. Jokotole, Murleke, Barurambat Timur. Lalu juga ada Miniso yang buka di Jl Jokotole no 143 Pamekasan. Terakhir juga ada Mie Gacoan yang mulai merambah dan membuka cabang restoran di Pamekasan, juga di sekitaran jalan Jokotole.


Sumber :
https://bali.tribunnews.com/2020/06/27/cerita-masa-kecil-mahfud-md-di-pamekasan-madura-nonton-bola-hingga-kenangan-belajar-di-pondok?page=all.
https://www.tvonenews.com/berita/nasional/116651-tak-disangka-ternyata-mahfud-md-dulu-suka-tidur-di-kuburan-china-hingga-dijadikan-spot-favorit-ini-kisahnya?page=all
https://www.mkri.id/index.php?page=web.ProfilHakim&id=7
https://www.mrdiy.com/id/storeopenings/toko-ke-229-di-ruko-pamekasan-madura/
https://www.jatimzone.com/gaya-hidup/3929083166/dua-tahun-terakhir-banyak-brand-brand-ternama-yang-launching-di-pamekasan
https://www.instagram.com/minisopamekasan273/
https://madura.tribunnews.com/2023/07/19/mie-gacoan-di-pamekasan-buka-akhir-juli-2023-wabup-fattah-jasin-penyokong-pertumbuhan-ekonomi.
https://news.solopos.com/akhirnya-terjawab-ini-kepanjangan-md-dalam-nama-mahfud-md-1314190.

Sunday, July 9, 2023

Passobis


Passobis atau social engineering atau rekayasa sosial, yaitu modus penipuan di dunia maya dengan memanipulasi psikologi korban. Penipu akan memanipulasi seseorang dengan memanfaatkan kesalahan mereka untuk memberikan data atau informasi yang bersifat rahasia. 

Dalam menjalankan aksinya, pelaku kejahatan human hacking biasanya menyamar sebagai pihak yang berwenang, sehingga korban mau memberikan data berharganya kepada pelaku. Modus operandi yang paling sering dilakukan dengan menelpon tengah malam. Tiba-tiba ada anak-anak menangis, lalu mengaku anak korban terlibat narkoba.

Modus penipuan passobis dengan cara minta tolong adalah dengan menggunakan foto dan biodata teman atau orang yang kita kenal, kemudian mengirim pesan orang-orang terdekat meminta tolong dipinjamkan uang dengan bermacam alasan.

Atau aksi penipuan dengan menggunakan foto profil WA orang lain ini kemudian menawarkan mobil atau motor murah. Lalu mereka meminta data dan foto KTP serta NPWP. Dalam kasus ini akun Facebook tetap aman. Tidak diretas. Begitu pula nomor HP korban tidak dibajak, melainkan hanya foto profilnya yang dicatut, sedangkan nomornya tetap menggunakan nomor penipu.

Dalam kasus ini kita bisa melaporkan akun tersebut ke WhatsApp. Caranya, tap foto profil pelaku kejahatan -> scroll ke bawah hingga menemukan "Report Contact". WhatsApp kemudian akan memproses hal tersebut. WhatsApp bisa memblokir nomor akun WhatsApp palsu tersebut.

Perlu diingat kita tidak boleh sembarangan memberikan foto dan nomor KTP. Memberikan foto dan nomor KTP merupakan celah bagi pelaku tindak pidana untuk melakukan pinjaman pada aplikasi fintech atau membeli suatu barang bahkan bisa digunakan membobol akun rekening bank. 

Lalu apa tanda atau ciri data kita telah disalahgunakan atau dicuri? Salah satu indikatornya adalah jika seseorang diteror melalui telepon atau SMS pinjaman online.

Ada aplikasi atau saluran untuk memeriksa apakah data telah dicuri, yaitu misalnya seperti yang dibuat Firefox, yaitu https://monitor.firefox.com/. Lewat laman tersebut, seseorang bisa mengecek e-mail mereka apakah password-nya sudah bocor. Jika bocor, bisa segera diganti.  


Sumber :
https://fajar.co.id/2022/09/16/passobis-atau-social-enginering-modus-penipuan-di-dunia-maya-dengan-memanipulasi-psikologi-korban/?page=all
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210608174404-190-651843/mengenal-4-jenis-modus-penipuan-whatsapp-yang-marak.
https://www.harianmerapi.com/cermin/pr-405330204/waspada-penipuan-bermodus-catut-foto-profil-di-medsos
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190729201544-37-88413/foto-profil-dipakai-akun-whatsapp-palsu-ini-cara-laporkannya
https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/12/184300865/mengapa-tidak-boleh-sembarangan-memberikan-foto-dan-nomor-ktp-?page=all.

Mission: Impossible: Dead Reckoning Part One

Film Mission Impossible 7 dimulai dengan latar belakang kapal selam dalam samudera, menjadi mengingatkan kita pada peristiwa kapal selam Titan dari OceanGate yang terjadi bulan Juni lalu. Kapal selam Sevastopol merupakan kapal selam milik Rusia yang mampu bergerak tanpa terdeteksi di bawah lautan dalam, meski berada di teritorial negara lain. 

Namun, ternyata terjadi kesalahan sistem, dimana sistem digital dari kapal selam Sevastopol mengalami error sehingga menganggap terdapat musuh berdasarkan radar yang siap bergerak dan menghujamkan peluru torpedo ke arah mereka.

Kapten kapal Sevastopol pun meluncurkan balik rudal mereka ke arah kapal tersebut. Namun sebuah keanehan terjadi dimana peluru torpedo lawan yang seharusnya menghantam kapal mereka ternyata tidak ada. 

Begitu pula kapal target musuh yang muncul di dalam radar ternyata tidak pernah ada. 

Dan malapetaka terjadi, rudal yang diluncurkan oleh kapal selam Sevastopol mengarah kembali ke mereka sendiri dengan kecepatan tinggi. Sehingga peluru torpedo tersebut menghancurkan kapal selam Sevastopol sendiri.

Para kru kapal selam Sevastopol pun tewas di lautan dingin dan terjebak di bawah lapisan es kutub. Dua pasang kunci untuk mengendalikan sistem digital yang diketahui bernama Entity atau Entitas tadi pun menjadi buruan banyak pihak. Jadi Entity ini adalah teknologi kecerdasan buatan.

Cerita Mission: Impossible 7 - Dead Reckoning Part 1 pun berlanjut saat Ethan Hunt mendapat tawaran misi dari Kittridge, yang merupakan bos lamanya yang kini jadi Direktur CIA. Ethan Hunt bersama bersama timnya Impossible Mission Forces atau IMF, yaitu Benji, Luther dan Isla Faust bahu membahu mencari sepasang kunci tersebut.

Tidak itu saja, mereka harus berhadapan dengan Alana Mitsopolis dan Zola, serta perempuan misterius Grace. Grace adalah pencuri cantik dan berbakat yang ternyata juga memiliki misi untuk mencuri kunci tersebut.

Aksi mendebarkan pertama terjadi di bandara Dubai, Uni Emirat Arab.

Misi rahasia kali ini adalah memburu dan mencari sepasang kunci yang merupakan ‘kunci’ senjata mematikan yang dapat digunakan untuk menguasai dunia sehingga berbahaya jika jatuh ke orang yang salah. Dimana salah satunya adalah berasal dari masa lalunya, Gabriel yang ditemani oleh Paris, seorang pembunuh bayaran sekaligus semacam pengawal pribadinya. 

Gabriel merupakan rekan lama Ethan Hunt yang merupakan sosok tangguh, dan juga orang yang turut membuat Ethan menjadi seperti sekarang. Gabriel adalah seorang teroris yang bermodal besar untuk menebar ancaman kepada umat manusia.

Aksi seru berikutnya terjadi di gang-gang kecil di Venesia, Italia.

Aksi puncak dari film Mission: Impossible: Dead Reckoning Part One terjadi saat Ethan Hunt mengejar kereta api lalu melompat dengan motorcross dari sebuah tebing yang sangat tinggi dan curam. Aksi ini dilakukan oleh Tom Cruise tanpa stuntman.

Tidak berhenti disana, selanjutnya adalah pertarungan Ethan Hunt dengan Gabriel di atas gerbong kereta. Dilanjut dengan Ethan berdua dengan Grace harus menghentikan laju kereta sebelum mencapai jembatan yang diledakkan oleh Gabriel. Kemudian setelah sukses menyelamatkan kereta, mereka berdua harus lari menyelamatkan diri dari gerbong yang satu demi satu jatuh ke jurang.

Sukses mendapatkan sepasang kunci bukanlah akhir. Namun ini adalah bagian awal dari petualangan yang lebih besar terkait sepasang kunci tersebut dan bagaimana berikutnya menghentikan Entitas, sebuah kecerdasan buatan yang canggih yang diklaim bisa menjadi alat untuk menguasai dunia dengan cara baru.

Friday, July 7, 2023

Alat Pembayaran Menggunakan Kartu

Definisi APMK menurut PBI APMK No.11/11/PBI/2009 yang telah diubah dengan PBI No.14/2/PBI/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu adalah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) adalah alat pembayaran yang berupa kartu kredit, kartu automated teller machine (ATM), dan kartu debet. 

Dan masih dari referensi yang sama definisi Kartu Kredit adalah APMK yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan dan/atau untuk melakukan penarikan tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dahulu oleh acquirer atau penerbit, dan pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati baik dengan pelunasan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan pembayaran secara angsuran.

Secara sederhana kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran non tunai yang dikeluarkan oleh bank dengan sistem utang. Total transaksi yang Anda lakukan dengan kartu ini nantinya akan diakumulasikan dalam jangka waktu tertentu, misalnya sebulan.

Idealnya, seorang memiliki 1 atau maksimal 2 buah kartu kredit apabila memang diperlukan. Usahakan untuk melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo agar tidak dikenakan bunga karena tidak membayar tagihan pada setiap tanggal yang ditentukan. Usahakan untuk membayar penuh ke tagihan toko tersebut agar tidak muncul bunga yang dibungakan lagi.


Sumber :

https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/instrumen/default.aspx

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/10/14/alat-pembayaran-non-tunai

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/339

Saturday, July 1, 2023

Kunyit Putih untuk Sinus

10 tahun lalu, tepatnya tahun 2013 keluarga kita pernah mengalami anak terkena sinusitis. Gejala yang menyerang semula flu dan pilek namun tidak kunjung sembuh setelah 1 minggu lebih. Lalu semakin parah hingga batuk yang parah.

Terlebih di malam hari sekitar pukul 12 sampai jam 2 pagi.

Menurut dokter bahwa tubuh manusia tidaklah padat dan solid, namun berongga dan berlubang seperti sponge. Di kepala ada 2, yaitu Frontal Sinus yang berada dekat dengan kening dan yang kedua adalah Maxillary Sinus yang terletak di sekitar pipi. 

Dan akan mengakibatkan masalah jika sinus tersebut berisi cairan. Untuk mengosongkan cairan tersebut maka harus dilakukan terapi dan obat agar cairan ini tidak diisi oleh kuman penyakit.

Alhamdulillah saat ini sudah sembuh. Meski terkadang-kadang kambuh namun tidak separah sebelumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita bersiap-siap jika gejala sinus timbul kembali, namun semaksimal mungkin menghindari terapis dan obat kimia.

Saatnya Back to Nature.

Yaitu menggunakan metode pengobatan dengan menggunakan bahan alami. Bahan alami yang dipakai adalah kunyit putih yang direbus bersama daun sendok dan daun sambiloto. Kunyit putih memiliki beberapa kandungan yang berfungsi sebagai antiradang. 

Sedangkan daun sendok berfungsi untuk melancarkan lendir yang tersumbat pada saluran pernapasan. Dan sambiloto berfungsi sebagai antibiotik alami.

Semoga penyakit sinusitis menjadi sirna.


Sumber :

https://sariagri.id/article/amp/57845/penyakit-sinusitis-menyerang-gunakan-kunyit-putih-untuk-melawannya 

Related Posts