Tuesday, July 11, 2023

Hematoma Subungual

Hematoma subungual adalah kumpulan darah di bawah kuku jari yang biasa terjadi ketika cedera yang dialami merusak pembuluh darah terbuka di bawah kuku. Akibatnya, darah berkumpul dan terperangkap di satu titik dan menghasilkan kuku berwarna hitam. 

Penyebabnya bisa terjadi karena cedera saat bermain sepak bola, kejatuhan benda berat tepat di kuku tangan atau kaki, atau memakai sepatu sempit. Kebanyakan kasus hematoma subungual tidak membutuhkan perawatan khusus. 

Segera lakukan tindakan menutup luka secara longgar dengan kasa kering dan hindari luka dari terkena air. Apabila sudah kering dan tepi luka sudah menyatu, jahitan dapat dilepaskan oleh dokter. Penyatuan tepi luka dapat berlangsung lama, yaitu dapat hingga 14 hari.

Dokter bisa mencabut kuku dan menjahitnya bila luka yang dialami cukup parah, namun dokter juga terkadang tidak akan mengangkat kuku yang rusak dan membiarkannya agar bagian bawah kuku terlindungi. 

Hematoma subungual kecil dengan ukuran kurang dari 25% luas kuku dan tidak terasa nyeri, tidak memerlukan tindak lanjut. Hematoma ini dapat diserap dengan sendirinya oleh tubuh. 

Hematoma subungual yang ukurannya lebih dari 25-50% luas kuku, penanganannya masih kontroversial dan bervariasi sesuai dengan preferensi dari dokter yang mengerjakan. Sebelumnya, penanganan hematoma subungual yang direkomendasikan adalah pencabutan kuku dan perbaikan laserasi. 

Selain itu, dokter juga akan menyarankan untuk melakukan prosedur nail trephination, yaitu prosedur untuk mengalirkan darah dari bawah kuku. Prosedur ini dilakukan untuk meringankan rasa sakit dan tekanan pada bagian yang cedera. 

Pertumbuhan kuku akan tetap dapat terjadi selama jaringan germinativumnya atau cikal bakal kuku dalam kondisi yang baik. Kuku akan tumbuh 1mm setiap harinya. Sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan agar kuku dapat berukuran normal. 

Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung tinggi protein seperti putih telur dan ikan gabus agar penyembuhan dapat segera terjadi.


Sumber :
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kuku/kuku-hitam/
https://www.alomedika.com/perbandingan-manajemen-hematoma-subungual
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/jari-tangan-luka-kecelakaan

No comments:

Post a Comment

Related Posts