Thursday, July 20, 2023

Runaway Jury

Kejadian film Runaway Jury diawali di kota New Orleans saat seorang mantan karyawan melakukan penembakan massal dengan pistol semi-otomatis 9mm bermagasin 30 putaran di sebuah perusahaan pialang saham. 

Sebelas orang tewas dan beberapa luka-luka. Di antara yang mati adalah Jacob Wood. 

Dua tahun kemudian, dengan pengacara Wendell Rohr, janda Jacob, Celeste, menuntut Vicksburg Firearms atas kelalaian perusahaan yang menyebabkan kematian suaminya. 

Selama pemilihan juri, konsultan juri Rankin Fitch dan timnya mengkomunikasikan informasi latar belakang tentang kumpulan juri melalui pengawasan elektronik kepada pengacara pembela Durwood Cable, yang berada di ruang sidang.

Calon juri, Nick Easter mencoba dibebaskan dari tugas sebagai juri. Hakim Frederick Harkin menolak, dan mengatakan pada Nick untuk menerima pelajaran tentang tugas sipil; Fitch memberi tahu Cable bahwa hakim telah memaksa untuk itu mereka memilih Nick sebagai juri. 

Sikap Nick yang menyenangkan telah memenangkan hati sesama juri kecuali Frank Herrera, seorang veteran Marinir, yang tidak menyukainya.

Seorang wanita bernama Marlee menelepon Fitch dan Rohr dan menawarkan untuk memberikan putusan yang diinginkan kepada penawar pertama. Rohr menolak tawaran itu, menganggap itu adalah taktik Fitch untuk mendapatkan pembatalan sidang. 

Fitch tidak percaya pada Marlee dan menginginkan bukti, Maelee pun siap memberikan bukti, dengan menanyakan apakah dia "merasa patriotik" dan kemudian keesokan harinya sebelum pengadilan dimulai juri berjanji setia pada bendera. 

Fitch mengamati perilaku para juri melalui kamera tersembunyi, lalu Fitch dapat mengidentifikasi bahwa Nick lah seseorang yang sebagai pemberi pengaruh pada juri.

Fitch lalu memerintahkan penggeledahan apartemennya, tetapi tidak menemukan apa pun.

Akibat penggeledahan tersebut Marlee membalas dengan membuat salah satu juri Fitch dikeluarkan. 

Fitch kemudian memeras tiga anggota juri, salah satunya hingga membuat Rikki Coleman mencoba bunuh diri. 

Fitch mengirim kembali anak buahnya untuk menemukan perangkat penyimpanan tersembunyi di apartemen Nick dengan informasi kunci, setelah itu mereka membakar apartemennya. 

Nick pun menunjukkan kepada hakim rekaman video tentang orang-orang Fitch yang membobol apartemennya, akhirnya demi keamanan dan kenyamanan juri pun diasingkan.

Di pengadilan saksi kunci Rohr, mantan karyawan Vicksburg, tidak muncul. 

Rohr pun memutuskan bahwa dia tidak dapat memenangkan kasus tersebut. Dia meminta $10 juta kepada mitra perusahaannya untuk membayar Marlee. Namun Rohr kembali pada prinsipnya, Rohr pada akhirnya menolak untuk membayar, memilih untuk mengambil risiko melawan Fitch sambil menjaga hati nuraninya tetap bersih. 

Fitch mengirim seorang agen, Janovich, untuk menculik Marlee, tapi dia melawannya dan berhasil lolos. Oleh karena itu Marlee pun menaikkan harganya menjadi $15 juta. 

Pengadilan berikutnya CEO Vicksburg Firearms memberikan kesaksian namun dia kehilangan kesabaran di bawah pemeriksaan silang dan membuat kesan buruk pada juri, oleh karena itu Fitch setuju untuk membayar Marlee untuk memastikan putusan tersebut.

Bawahan Fitch yang lain, Doyle, yang sedang menyelidiki Nick, menemukan bahwa Nick sebenarnya adalah Jeff Kerr, seorang putus sekolah hukum. Dia kemudian pergi ke Gardner, Indiana, tempat Jeff dan pacar sekolah hukumnya Gabby (yaitu, Marlee) berasal. 

Doyle berpura-pura mempunyai keluarga dengan 3 anak ingin pindah rumah lalu dengan lembut menanyai ibu Gabby, yang mengungkapkan bahwa saudara perempuan Gabby meninggal dalam penembakan bertahun-tahun yang lalu ketika dia masih di sekolah menengah. 

Pada saat itu, kota Gardner menggugat pembuat senjata yang digunakan dan hilang; Fitch telah membantu pihak pembela memenangkan kasus tersebut. Doyle menyimpulkan bahwa tawaran Nick dan Marlee adalah jebakan, dan segera dia menelepon Fitch, tetapi sudah terlambat karena uangnya telah dibayarkan.

Setelah Nick menerima konfirmasi pembayaran, dia meminta juri lain untuk meninjau fakta, mengatakan bahwa mereka berutang kepada Celeste Wood untuk berunding. Hal ini menyebabkan Herrera melontarkan kata-kata kasar terhadap penggugat, yang melemahkan dukungan apa pun yang dia dapatkan dari juri lainnya. 

Akhirnya juri sepakat bahwa produsen senjata dinyatakan bertanggung jawab, dengan juri memberikan $110 juta sebagai ganti rugi umum kepada Celeste Wood.

Setelah persidangan, Nick dan Marlee menghadapkan Fitch dengan tanda terima suap $15 juta, yang akan mereka umumkan kecuali dia pensiun. Fitch bertanya kepada Nick bagaimana dia membuat juri memilih penggugat; Nick menjawab bahwa dia tidak melakukannya, dia hanya menghentikan Fitch untuk mencuri hasil persidangan sehingga juri dapat memilih dengan hati mereka. 

Nick dan Marlee memberi tahu Fitch yang marah bahwa "biaya" $15 juta akan menguntungkan para korban penembakan di Gardner.

Akhir film memperlihatkan saat Rohr melintasi jalan dengan Celeste Wood dan putranya dalam perjalanan ke jamuan makan, dia melihat Nick dan Marlee menonton anak-anak bermain di taman bermain sekolah. 

Mereka bertukar pandang penuh pengertian, Rohr memahami apa yang terjadi, senyum pasrah singkat tapi penuh penghargaan di wajahnya. Rohr pergi saat Marlee dan Nick memutuskan untuk pulang ke Gardner.

No comments:

Post a Comment

Related Posts