Wednesday, July 19, 2023

Abundance Denial

Buku Gregg Easterbrook yang berjudul The Progress Paradox: How Life Gets Better While People Feel Worse (2003) menyatakan bahwa segala sesuatu tentang kehidupan modern ini lebih buruk daripada zaman sebelumnya. Secara materi kita mungkin lebih makmur daripada sebelumnya, namun bukan berarti kita menjadi lebih sejahtera.

Dalam buku tersebut mengutip data statistik yang menunjukkan bahwa orang Amerika lebih baik dalam hal materi dan jumlah waktu luang tetapi tidak lebih bahagia dari sebelumnya. Easterbrook berpendapat bahwa ini terjadi karena choice anxiety atau kecemasan pilihan (terlalu banyak keputusan yang harus dibuat) dan penyangkalan kelimpahan (tidak menyadari seberapa baik yang kita lakukan).

Benar bahwasanya faktor-faktor kehidupan yang "kualitatif" meningkat, tren lingkungan hampir semuanya positif dan kesehatan masyarakat juga meningkat.

Namun muncul paradoks.

Mengenai faktor ekonomi menunjukkan bahwa orang-orang secara mengejutkan murung tentang masa depan. Mereka merasa bahwa tidak 'cukup menabung', ada 'kesenjangan pendapatan' yang melebar dan kelas menengah menyusut. Hal ini disebut oleh Gregg Easterbrook sebagai 'abundance denial' atau 'penyangkalan kelimpahan'. 

Kehidupan batin orang menjadi miskin dan bingung sehingga meskipun keadaan menjadi lebih baik tapi kita merasa lebih buruk. Salah satu penyebabnya adalah karena begitu banyak pilihan yang tersedia bagi kita sehingga kita menjadi bingung dan cemas. 

Masyarakat juga sedang mengalami pergeseran dari “keinginan material” menjadi “keinginan yang berarti” dimana mereka merasa hidup mereka kurang berarti.

Untuk itu agar kita menuju kebahagiaan maka kita harus senantiasa berpikir positif dengan menjadi lebih pemaaf dan lebih bersyukur, serta kembangkan rasa “makna” yang lebih luas. Ini merupakan "obat" yang diusulkan untuk membuat hidup kita lebih bermakna dengan berbuat baik sambil hidup dengan baik.


Sumber :

https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/ijppm.2004.07953eae.001/full/html

https://www.aei.org/carpe-diem/abundance-denial/

https://en.wikipedia.org/wiki/Gregg_Easterbrook

No comments:

Post a Comment

Related Posts