Sunday, July 9, 2023

Passobis


Passobis atau social engineering atau rekayasa sosial, yaitu modus penipuan di dunia maya dengan memanipulasi psikologi korban. Penipu akan memanipulasi seseorang dengan memanfaatkan kesalahan mereka untuk memberikan data atau informasi yang bersifat rahasia. 

Dalam menjalankan aksinya, pelaku kejahatan human hacking biasanya menyamar sebagai pihak yang berwenang, sehingga korban mau memberikan data berharganya kepada pelaku. Modus operandi yang paling sering dilakukan dengan menelpon tengah malam. Tiba-tiba ada anak-anak menangis, lalu mengaku anak korban terlibat narkoba.

Modus penipuan passobis dengan cara minta tolong adalah dengan menggunakan foto dan biodata teman atau orang yang kita kenal, kemudian mengirim pesan orang-orang terdekat meminta tolong dipinjamkan uang dengan bermacam alasan.

Atau aksi penipuan dengan menggunakan foto profil WA orang lain ini kemudian menawarkan mobil atau motor murah. Lalu mereka meminta data dan foto KTP serta NPWP. Dalam kasus ini akun Facebook tetap aman. Tidak diretas. Begitu pula nomor HP korban tidak dibajak, melainkan hanya foto profilnya yang dicatut, sedangkan nomornya tetap menggunakan nomor penipu.

Dalam kasus ini kita bisa melaporkan akun tersebut ke WhatsApp. Caranya, tap foto profil pelaku kejahatan -> scroll ke bawah hingga menemukan "Report Contact". WhatsApp kemudian akan memproses hal tersebut. WhatsApp bisa memblokir nomor akun WhatsApp palsu tersebut.

Perlu diingat kita tidak boleh sembarangan memberikan foto dan nomor KTP. Memberikan foto dan nomor KTP merupakan celah bagi pelaku tindak pidana untuk melakukan pinjaman pada aplikasi fintech atau membeli suatu barang bahkan bisa digunakan membobol akun rekening bank. 

Lalu apa tanda atau ciri data kita telah disalahgunakan atau dicuri? Salah satu indikatornya adalah jika seseorang diteror melalui telepon atau SMS pinjaman online.

Ada aplikasi atau saluran untuk memeriksa apakah data telah dicuri, yaitu misalnya seperti yang dibuat Firefox, yaitu https://monitor.firefox.com/. Lewat laman tersebut, seseorang bisa mengecek e-mail mereka apakah password-nya sudah bocor. Jika bocor, bisa segera diganti.  


Sumber :
https://fajar.co.id/2022/09/16/passobis-atau-social-enginering-modus-penipuan-di-dunia-maya-dengan-memanipulasi-psikologi-korban/?page=all
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210608174404-190-651843/mengenal-4-jenis-modus-penipuan-whatsapp-yang-marak.
https://www.harianmerapi.com/cermin/pr-405330204/waspada-penipuan-bermodus-catut-foto-profil-di-medsos
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190729201544-37-88413/foto-profil-dipakai-akun-whatsapp-palsu-ini-cara-laporkannya
https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/12/184300865/mengapa-tidak-boleh-sembarangan-memberikan-foto-dan-nomor-ktp-?page=all.

No comments:

Post a Comment

Related Posts