Tuesday, July 25, 2023

Musk dan Huruf X

Tidak mengherankan jika aplikasi Twitter yang dimiliki oleh Elon Musk akan diubah menjadi 'X', bahkan anak pertamanya dengan musisi Grimes (Claire Elise Boucher) adalah bernama X Æ A-12 Musk.

Elon Musk juga mengubah nama bisnisnya menjadi X Corp. 

X diharapkan akan melangkah lebih jauh, mengubah global town square.

Jika mundur jauh ke belakang, pada tahun 1999 Musk telah memperkenalkan salah satu usaha bisnis pertamanya yaitu X.com, yang merupakan platform perbankan online. Tiga tahun kemudian, Musk menghasilkan $165 juta ketika X.com - yang saat itu bergabung dengan PayPal - dibeli oleh eBay. 

Elon Musk juga merupakan kepala eksekutif SpaceX, perusahaan kedirgantaraan komersial Amerika yang didirikan pada 2002.

Saat ini dia memiliki kembali nama domain X.com, yang sekarang dialihkan ke Twitter.

Jadi mengapa huruf X ?

Dalam ilmu matematika Al-Jebr atau Aljabar, huruf X mewakili yang tidak diketahui. Tidak hanya digunakan dalam matematika, namun juga dalam hal umum, misalnya the X-prize, the X-file, project X, TEDx. Ilmu pengetahuan khususnya matematika dan teknik telah digunakan pada abad pertama Masehi yaitu oleh bangsa Persia, Arab dan Turki.

Kembali ke Twitter yang berubah menjadi "X", Elon Musk menjelaskan, gagasan filosofisnya adalah untuk merepresentasikan ketidaksempurnaan dalam diri semua pengguna yang membuat setiap pengguna itu unik.

Juga bisa dikaitkan sebagai langkah penyelamatan perusahaan, karena dalam beberapa bulan terakhir Twitter menghadapi kerugian besar dalam pendapatan iklan, dan kini di ambang kebangkrutan. Terlebih saat awal Juli lalu diluncurkan media sosial Threads dari induk Facebook (FB) Meta.


Sumber :

https://www.bbc.com/indonesia/majalah-66288962

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/24/19031807/logo-dan-nama-perusahaan-twitter-resmi-berubah-jadi-x?page=all#page2.

https://www.tek.id/tek/sejarah-logo-twitter-diubah-menjadi-x-b2hUn9q6d

No comments:

Post a Comment

Related Posts