Wednesday, March 4, 2020

Back to Nature

Empon-empon

Jahe dengan dicampur dengan madu bukan saja bisa menjadi obat batuk. Dan alhamdulillah sejak tahun 2013 aku tiap pagi rutin minum jahe. Aku minum sehabis sarapan pagi. Rasanya tenggorokan terasa lega dan badan menjadi hangat siap tempur untuk bekerja seharian.


Selain jahe, ada tanaman herbal yang disebut dengan empon-empon yang juga baik diminum untuk daya tahan tubuh, yaitu diantaranya sebagai berikut:
  1. Jahe
  2. Temulawak 
  3. Kunyit
  4. Kayu manis
  5. Sereh

Adalah Prof.Nidom, Guru Besar Biologi Molekular Unair dan Ketua Tim Riset CoV & Formulasi Vaksin Professor Nidom Foundation (PNF), yang mengatakan bahwa empon-empon atau rempah-rempah sebagai penangkal virus corona.

Sekira tahun 2007/2008, Prof.Nidom menemukan khasiat empon-empon untuk menangkal efek dari infeksi flu burung. Ia menemukan, sitokin yang diserang virus corona hampir sama dengan sitokin yang diserang oleh virus flu burung, bahkan lebih rendah.

Virus yang masuk ke dalam tubuh, maka secara alami tubuh akan membuat reaksi penolakan. Penolakan itu bisa dalam bentuk antibodi, bisa dalam bentuk sitokin. Khusus paru-paru, itu menyebabkan, gertakan sitokinnya berlebihan, karena disana ada oksigen. Menjadi racun pada sel berikutnya. Terus begitu. Hal tersebut menyebabkan pneumonia berat, sesak nafas dan bisa fatal.

Dan sudah jamak bahwa orang Indonesia sudah terbiasa memakai empon-empon dalam berbagai variasi, mulai dari minuman hingga dicampur di makanan. Tidak itu saja, orang Indonesia juga sudah akrab dengan minuman empon-empon dalam bentuk instan, yaitu misalnya Antangin dan Tolak Angin sebagai obat masuk angin.

Bahkan diperkirakan nilai pasar obat masuk angin mencapai lebih dari Rp 2,5 triliun, meningkat sekitar 15% setiap tahun. Yaitu 33% masuk angin dan 50% dari orang yang terkena masuk angin tersebut mengonsumsi obat herbal masuk angin.

Produk obat masuk angin tersebut yaitu
  1. Tolak Angin dari PT Sido Muncul Tbk.
  2. Antangin dari PT Deltomed Laboratories
  3. Bejo Bintang Toedjoe Masuk Angin dari PT Bintang Toedjoe
  4. Antimo Herbal dari PT Phapros Tbk.
  5. Buyung Upik Masuk Angin (BUMA) dari PT Jamu Jago

Konsep herbal yang bersifat back to nature sejalan dengan makin tingginya kesadaran menjaga hidup yang lebih sehat.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/peneliti-di-surabaya-temukan-manfaat-empon-empon-untuk-penangkal-virus-corona/
https://bisnis.tempo.co/read/703782/antangin-vs-tolak-angin-panasnya-perang-obat-masuk-angin

No comments:

Post a Comment

Related Posts