Friday, March 20, 2020

Bersatu Melawan Covid-19

Berdasarkan kategori, terdapat 4 grup virus corona yakni Alpha Corona Virus, Beta Corona Virus, Gama Corona Virus, dan Delta Corona Virus.
  • Alpha dan Beta Corona Virus terdapat di mahkluk hidup, diantaranya kelelawar, anjing, kucing, babi, dan hingga manusia.
  • Gama Corona Virus terdapat di unggas seperti ayam.
  • Delta Corona Virus, untuk spesies, seperti beberapa ikan.

Virus corona hanya terdapat di spesifik spesies, misalnya virus di kelelawar hanya akan ada di kelelawar, sedangkan virus yang ada di ayam tetap ada di ayam, tidak akan menularkan ke manusia.

Sehingga penggunaan istilah virus corona akan menjadi bias, untuk itu virus corona yang menyerang manusia disebut dengan Covid-19.


Masa inkubasi virus corona covid-19 selama 14 hari

Apa gejala manusia yang terinfeksi oleh Covid-19? Manusia yang terinfeksi oleh virus corona Covid-19, akan menunjukkan gejala sebagai berikut :
  • hari pertama bersin, 
  • hari kedua pilek, 
  • hari keempat, kelima, 
  • hari keenam demam, 
  • hari ketujuh antibody keluar. 

Antibody akan keluar secara otomatis pada manusia dalam waktu 7 hari. Setelah antibody keluar, pertama keluar dan akan meningkat di hari ke-14. Hari ke-14, antibody keluar paling tinggi dan akan menetralkan semua virusnya, sehingga virus akan habis.  Itulah kenapa masa karantina selama 14 hari terhadap orang yang suspect virus corona.

Sebenarnya virus corona termasuk lemah alias mudah mati. Pada dasarnya virus itu ada di 2 tempat. Satu, virus di dalam tubuh, yang kedua virus di luar tubuh.

Untuk virus yang di dalam tubuh, dapat ditangani antibody tubuh dengan diperkuat dengan minum Vitamin E, Vitamin C, sama madu.

Sedangkan virus yang ada di di luar tubuh, maka kita harus menjaga pola hidup sehat, pola hidup bersih.

Virus Covid-19 ini menjadi heboh dikarenakan banyak orang yang cenderung lebih membahas efek 3 hingga 4 persen dari jumlah keseluruhan penderita yang meninggal, dibandingkan membahas 97 persen dari yang selamat dan sembuh.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber:
https://wartakota.tribunnews.com/2020/03/14/peneliti-virus-mohammad-indro-cahyono-beberkan-seluk-beluk-virus-corona-covid-19?page=4.

Sumber foto :
https://www.chinadaily.com.cn/a/202002/20/WS5e4dbed0a310128217278ceb.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts