Wednesday, March 25, 2020

Isolasi & Karantina

Isolasi, istilah ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah sakit. Tetap dalam isolasi membuat orang yang terinfeksi menjauh dari orang sehat demi mencegah penyebaran penyakit.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDD), isolasi adalah tindakan yang diambil untuk menerapkan pengendalian infeksi. Biasanya ini dilakukan oleh pihak medis yang berwenang. Isolasi diperuntukkan bagi orang yang telah terinfeksi.

Isolasi dapat dilakukan selama 7 hari sejak timbulnya gejala sakit. Mengutip dari NPR, orang yang terisolasi akan diminta untuk mengenakan masker saat menuju fasilitas medis dari rumah. Proses isolasi tidak mengijinkan untuk meninggalkan rumah. Dilarang kontak langsung, dan memasang jarak minimal 6 kaki dengan orang lain


Karantina, istilah ini diperuntukkan bagi orang-orang atau kelompok yang tidak memiliki gejala, tetapi terpapar penyakit. Karantina menjauhkan orang tersebut dari orang lain, sehingga tak menginfeksi siapa pun secara tak sengaja.

Karantina adalah langkah untuk memisahkan dan membatasi pergerakan orang, yang diduga memiliki penyakit menular untuk melihat apakah mereka benar-benar terinfeksi atau tidak. Karantina diperuntukkan bagi orang sakit dan yang tampak sakit.

Selama minimal 14 hari orang yang dikarantina harus tinggal sendiri di ruangan atau rumah dan tidak boleh melakukan kontak langsung (berbicara dan menyentuh) dengan orang lain. Namun komunikasi melalui gadget masih diperbolehkan.

Sebelum menjalani karantina diharuskan menyuplai kebutuhan sehari-hari karena tidak boleh meninggalkan ruangan/rumah diluar keadaan darurat.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://radarmalang.id/sama-sama-dikurung-ini-beda-isolasi-dan-karantina/
https://mediaindonesia.com/read/detail/297138-beda-isolasi-karantina-dan-social-distancing
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4210179/mengenal-beda-istilah-karantina-dan-isolasi-untuk-hindari-corona-covid-19

No comments:

Post a Comment

Related Posts