Thursday, March 19, 2020

Pendaftaran Borobudur Marathon 2020

Seperti yang diinfo sebelumnya bahwa pendaftaran Borobudur Marathon 2020 dibuka pada hari Selasa, tanggal 17 Maret 2020. Jadi sepulang kerja dari kantor tepat pukul 18.00 aku buka website borobudurmarathon.com

Tapi ternyata gagal.

Susah sekali.

Keesokan malamnya, hari Rabu, tanggal 18 Maret 2020 aku coba lagi. Lumayan, ada kemajuan bisa mendaftarkan email dan proses completing personal data hingga proses "Verify your e-mail address". Namun gagal saat verifikasi nomer telp.

Kemudian pada siang hari, hari Jumat, tanggal 20 Maret 2020, aku coba lagi. Dan alhamdulillah berhasil hingga proses untuk "Sign in to registant area to start register for this year's race" hingga mendapatkan konfirmasi email "You have successfully casted a ballot for Borobudur Marathon 2020".

Tinggal menunggu hasil undian ballot.

Sistem ballot merupakan prosedur pengundian pendaftaran yang umum digunakan dalam banyak marathon internasional.

Sistem ballot ini juga diterapkan untuk pendaftaran Borobudur Marathon, dengan tujuan agar dapat memberi kesempatan yang sama bagi semua pendaftar Borobudur Marathon. Hal ini dikarenakan antusiasme masyarakat sangat besar, namun juga perlu dipertimbangkan kapasitas kompleks Candi Borobudur dan jalan yang digunakan sebagai rute.

Tahun 2019 lalu, kejuaran lari internasional Borobodur Marathon 2019 pesertanya sangat membludak. dalam 1 bulan pendaftaran jumlah peserta yang mendaftar mencapai 17.029 calon peserta, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dari sejumlah 17.029 calon peserta tersebut, panitia menyediakan slot hanya untuk 8.000 peserta saja dengan menggunakan sistem ballot atau undian. Jadi persentase kemungkinan mendapatkan tiket adalah 1 banding 2 hingga 3.


Bahkan konon untuk London Marathon untuk mendapatkan tiket dengan sistem ballot adalah 1 banding 25 kesempatan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts