Monday, March 23, 2020

Droplet


Kita telah mendapatkan kabar bahwa virus corona COVID-19 menyebar lewat droplet (percikan cairan).

Bakteri, virus, dan kuman penyakit dapat menular melalui berbagai cara, yang disebut dengan transmisi. Setidaknya terdapat 5 jenis transmisi, yaitu :
  1. Kontak langsung.
  2. Melalui udara, airborne atau droplet.
  3. Secara oral dari makanan, air, atau permukaan barang yang terkontaminasi.
  4. Melalui vektor seperti nyamuk, kutu dan tikus.
  5. Zoonosis, transmisi dari hewan ke manusia.

Penyebaran melalui droplet terjadi ketika orang yang sakit batuk atau bersin sehingga mengeluarkan droplet mengandung kuman. Jika percikan cairan berisi kuman memasuki mata, mulut, atau hidung orang yang sehat, orang tersebut dapat tertular penyakit.

Penyebaran droplet terbatas sejauh satu meter. Jarak penularannya amat terbatas sehingga seseorang harus berjarak kurang dari 2 meter dari penderita untuk bisa tertular. Namun, droplet juga dapat menempel pada kenop atau gagang pintu, ponsel, pegangan tangga, meja, tombol lift, pegangan kendaraan umum, maupun di toilet.

Pada saat batuk terdapat 3.000 droplet keluar dengan kecepatan bisa mencapai 80 km per jam. Sedangkan pada saat bersin jumlah droplet yang dikeluarkan cenderung lebih banyak yaitu sekitar 40.000 droplet.

Berdasarkan penelitian virus dapat bertahan di permukaan tergantung dari bahan permukaan dan kondisi di mana virus itu berada, yaitu sekitar 2 jam hingga 9 hari setelah virus berada di permukaan suatu benda.

Jika virus berada di suhu sekitar 4 derajat Celcius atau cukup rendah, virus akan bertahan lebih lama, yaitu hingga 28 hari. Jika berada di suhu yang lebih tinggi, yaitu sekitar 30 sampai 40 derajat Celcius, usia virus di permukaan akan lebih singkat. Dan saat berada di suhu kamar, virus akan bertahan hingga sembilan hari.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://hellosehat.com/coronavirus/penyebaran-udara-dan-droplet/
https://www.halodoc.com/batuk-dan-bersin-mana-yang-lebih-banyak-virusnya-
https://bobo.grid.id/read/082049852/berapa-lama-virus-penyebab-corona-bisa-bertahan-hidup-di-permukaan-benda?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts