Friday, March 13, 2020

COVID-19

Penyakit flu dan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona sama-sama menargetkan sistem pernapasan, dengan gejala yang mirip yaitu demam, kelelahan, dan batuk, hingga mengakibatkan kasus pernapasan parah dan pneumonia.


Secara global, sekitar 3,4% kasus COVID-19 yang dilaporkan berakhir dengan kematian. Sebagai perbandingan, flu musiman secara umum membunuh kurang dari 1% dari orang yang terinfeksi..

Flu memiliki masa inkubasi yang lebih pendek (waktu yang dibutuhkan orang yang terinfeksi untuk menunjukkan gejala) dan interval serial (waktu antara kasus yang berurutan) yang lebih pendek, yaitu flu kurang lebih 3 hari. Sedangkan interval serial virus corona adalah sekitar lima hingga 6 hari. Sehingga flu menyebar lebih cepat, sedangkan virus corona menyebar lebih lambat.

Virus flu dapat mulai menular pada 2 hari pertama setelah gejala dimulai, dan bisa berlangsung hingga 1 minggu. Sedangkan virus corona juga dapat mulai menular sejak 2 hari setelah tertular, hingga 20 hari (atau sampai mati).

Dari data tampaknya anak-anak tampak terlindungi dari dampak terburuk dari virus corona, ada kemungkinan mereka memiliki kekebalan versi lain dari virus corona yang muncul dalam flu biasa. Atau sistem kekebalan tubuh anak-anak selalu dalam siaga tinggi dan mungkin lebih cepat daripada orang dewasa dalam memerangi COVID-19.

Kita bisa meminimalkan risiko terkena infeksi COVID-19 dengan cara sebagai berikut :
  1. Mencuci tangan dengan air dan sabun setidaknya selama 20 detik.
  2. Menggunakan masker setiap beraktivitas di luar ruangan atau di tempat umum.
  3. Memperbanyak minum air putih.
  4. Beristirahat yang cukup.
  5. Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang kotor.
  6. Menghindari kontak dengan orang yang sedang batuk dan demam.
Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber
https://tekno.tempo.co/read/1318356/6-perbedaan-virus-corona-dan-flu-menurut-who/full&view=ok
https://www.alodokter.com/tampak-mirip-ketahui-beda-gejala-virus-corona-dengan-flu-biasa
https://news.detik.com/berita/d-4925140/who-paparkan-4-perbedaan-corona-dan-flu-penanganannya-berbeda?single=1

No comments:

Post a Comment

Related Posts