Saturday, March 28, 2020

Bersama Lawan Covid-19

Beberapa kali terdapat artikel yang aku baca mengenai berapa lama coronavirus Covid-19 bertahan di permukaan benda? Dan bagaimana cata menangani uang, makanan, dan lainnya?

Dan dari beberapa sumber artikel tersebut, mirip-mirip, dan aku tuliskan kembali artikel yang cukup bagus dari web weforum.org


Coronavirus Covid-19 dapat menyebar dengan mudah dari orang ke orang, dan dapat batuk ke udara dan ke permukaan. Pada droplet atau tetesan virus ini setidaknya dapat hidup selama tiga jam.

Pada permukaan yang keras dan mengkilap seperti plastik, stainless steel, dan kaca yang terkana droplet atau tetesan, setidaknya virus dapat bertahan hidup hingga 72 jam, namun virus dengan cepat menurun selama waktu ini.

Sedangkan pada permukaan berserat dan menyerap seperti karton, kertas, kain dan goni, ia menjadi tidak aktif lebih cepat.

Sehingga bisa dipertimbangkan untuk lebih memilih wadah lebih banyak bahan berserat seperti kardus, kertas, dan kain untuk kemasan, dibandingkan wadah plastik, karena beberapa peneliti tidak menemukan SARS-CoV-2 atau coronavirus Covid-19 yang menular di kardus setelah 24 jam.

Untuk itu resiko tangan dan tubuh kita menyentuh permukaan yang ada di sekitar kita, seperti bangku, pegangan tangan, gagang pintu dapat terjadi dan kita bisa tertular virus dari permukaan tersebut.

Pada akhirnya, cara terbaik untuk menghindari infeksi SARS-CoV-2 atau coronavirus Covid-19 adalah dengan cara yang primitif dan sederhana, yaitu selalu ingat untuk senantiasa cuci tangan, dan jaga jarak fisik, yang merupakan ukuran paling efektif untuk memperlambat perkembangan pandemi ini.

Coronavirus Covid-19 dapat memudar hingga mati dengan cepat pada suhu yang lebih tinggi dari 56 derajat Celcius, dan jika terkena sinar UV secara langsung.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://www.weforum.org/agenda/2020/03/this-is-how-long-coronavirus-lives-on-surfaces

No comments:

Post a Comment

Related Posts