Monday, March 30, 2020

Charlie Munger

Warren Buffett mempunyai asisten yang bernama Charlie Munger. Mereka bertemu pertama kali pada tahun 1994 dan acap kali menjadi rujukan kebanyakan orang dalam menentukan strategi portfolio investasi.

Persahabatan Munger dan Buffett sudah berjalan selama puluhan tahun. Munger mengaku mendapatkan kesuksesan lebih besar dari yang seharusnya ia dapatkan lantaran menjalankan nasihat Buffett atau trik hidup dari Buffett.

Buffett menyebut, dirinya dan Charlie Munger dilahirkan dengan cara tertentu. Ini terjadi saat pertemuan pemegang saham Berkshire Hathaway 1997. "Itu memungkinkan kami untuk menjadi pandai dalam menilai bisnis," tegas dia. "Tempat di mana Anda berasal menentukan nasib Anda, dan ini mungkin juga bagi sebagian besar dari tujuh miliar orang di dunia," kata Buffett pada 2013.


Charlie Munger adalah investor kawakan sahabat karib Warren Buffett. Munger saat ini menjabat wakil CEO Berkshire Hathaway mendampingi Buffett. Munger berkata bahwa Buffett senatiasa menasihatinya untuk selalu ambil jalan utama. Itu tidak terlalu ramai (Always take the high road. It’s less crowded). Dengan menjalankan nasihat Buffett tersebut, maka setiap orang akan mendapat keuntungan besar karena tidak terlalu banyak pesaing.

Munger berpesan agar berpikirlah rasional dan tetap waras ketika membuat keputusan dan menganalisis situasi, baik secara profesional maupun pribadi.

Charlie Munger memperingatkan bahwa akan ada banyak masalah di masa yang akan datang.  Munger mengatakan, banyak orang suka berjudi di bursa saham, khususnya di China. Sehingga akan banyak risiko dalam berinvestasi di saham. Hal ini merupakan perilaku yang bodoh dan mengerikan.

Terlebih saat ini di dunia pada umumnya dan di Amerika Serikat (AS) pada khususnya, investor menghadapi risiko dampak virus corona terhadap perekonomian hingga ketidakpastian politik menjelang pemilihan presiden pada November 2020 mendatang.

Munger berpendapat bahwa booming inovasi yang dia alami sepanjang hidupnya bisa mulai berkurang pada masa yang akan datang. Saat ini ilmu medis telah meningkat secara dramatis selama masa hidupnya sementara penemuan seperti pendingin udara telah meningkatkan standar hidup manusia.

Para Investor tengah menanti-nanti rekomendasi saham Munger. Karena Munger dianggap sebagai salah satu investor dan pemikir bisnis terbaik yang pernah ada. Sebelum bergabung dengan Buffett di Berkshire, Munger menjalankan kemitraan investasi yang mengembalikan rata-rata 20% per tahun dari tahun 1962 hingga 1975. Padahal saat itu, S&P 500 rata-rata menghasilkan pengembalian tahunan hanya 5%.


Sumber foto :
https://www.aol.com/article/finance/2013/07/26/charlie-munger-warren-buffett-berkshire-hathaway/20677036/

Sumber:
https://www.majalahlabur.com/saham/catalyst/intipati-penting-mesyuarat-tahunan-berkshire-hathaway-bagi-tahun-2020/
https://headtopics.com/id/jeff-bezos-hingga-warren-buffet-bicara-lotere-terbesar-dalam-hidup-yang-bikin-sukses-11838648
https://internasional.kontan.co.id/news/ini-nasihat-warren-buffett-yang-bikin-charlie-munger-lebih-sukses-dari-seharusnya?page=all
https://internasional.kontan.co.id/news/investor-legendaris-charlie-munger-peringatkan-ada-banyak-masalah-besar-ke-depan?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts