Friday, March 27, 2020

Wabah, Epidemi & Pandemi


Mengenai Covid-19 ini kita sering mendengar istilah wabah, epidemi & pandemi. Apa bedanya dari 3 istilah tersebut? Agar tidak tercampur-campur. Perbedaan antara wabah, epidemi & pandemi adalah persoalan skala.

Mari kita bahas satu persatu.


Wabah / Outbreak

Wabah adalah peningkatan jumlah kasus yang meskipun meski kecil namun cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah “normal”. Saat terjadi wabah, akan segera dilakukan investigasi untuk menentukan secara tepat siapa saja yang terdampak dan berapa banyak orang yang terkena penyakit.
Contoh : virus Ebola (Afrika Barat), the Black Death (Eropa, zaman pertengahan)


Endemi

Endemi adalah tingkat pertama sebuah penyakit atau wabah. Sebuah penyakit dikategorikan sebagai endemic ketika ia hadir secara konstan di wilayah terentu. Penyakit yang tergolong sebagai penyakit endemi hanya menyebar di satu wilayah tertentu dan tidak terlalu meluas.
Contoh : Malaria (Indonesia)


Epidemi

Epidemi adalah wabah yang menyebar di area geografis yang lebih luas. Untuk mencegah menyebar luas, maka perlu dilakukan upaya pengurungan.
Contoh : SARS (tahun 2003)


Pandemi

Ketika sebuah epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah di dunia, ia sudah dianggap pandemi. Ahli epidemiologi mengklasifikasikan sebuah situasi sebagai pandemi hanya apabila penyakit itu berkembang di beberapa wilayah yang baru terdampak melalui penularan setempat.
Contoh : Influenza, HIV/AIDS


Semoga badai segera berlalu, gerimis segera berhenti dan mentari pagi bersinar kembali.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
http://theconversation.com/apa-bedanya-pandemi-epidemi-dan-wabah-133491
https://www.trans7.co.id/seven-updates/smar7info-endemi-epidemi-dan-pandemi-bedanya-apa
https://www.medcom.id/foto/grafis/JKRGRjQN-perbedaan-wabah-epidemi-pandemi-dan-endemi

No comments:

Post a Comment

Related Posts