Monday, March 30, 2020

Self Limiting Disease


Dikatakan bahwa virus corona COVID-19 merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri yang juga merupakan sifat bawaan virus itu sendiri.

Dalam dunia kedokteran, istilah self-limiting disease mengisyaratkan suatu kondisi akan berjalan dengan sendirinya meski tanpa perawatan medis atau gejala bisa sembuh sendiri. Meskipun begitu bukan berarti perawatan medis tak berpengaruh pada kesembuhan pasien yang lebih cepat.

Pasien tetap diberikan obat untuk mengurangi gejalanya meski bukan untuk membunuh virus. Virus corona Covid-19 akan mati setelah lima sampai tujuh hari, hingga musnah total pada hari ke-14.

Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh, karena jika imunitas tubuh baik, maka seseorang tak mudah terjangkit virus penyakit. Dan sebaliknya jika daya tahan tubuh melemah maka bisa menjadi pintu lebar masuknya beragam penyakit dalam tubuh seseorang.

Seperti halnya dengan penyakit batuk dan pilek yang sering ditemukan di msyarakat, yang juga akibat infeksi virus yang juga bisa sembuh sendiri dengan hanya memerlukan perawatan suportif (self limited disease).

Antibiotik tidak perlu diberikan.

Terlebih saat musim hujan, saat daya tahan tubuh kita lemah, maka kita akan rentan terserang flu. Berdasarkan data di Indonesia menunjukkan bahwa flu terjadi sepanjang tahun, dan akan meningkat selama musim hujan dan puncaknya terjadi di bulan Desember sampai Januari.

Hal ini terjadi karena saat musim hujan, suhu udara menjadi turun dan lembap. Suhu rendah dan lembap dapat memperpanjang waktu reproduksi dan stabilitas virus di lingkungan. Akibatnya, kemungkinan penularan virus melalui batuk, bersin, atau saat bernapas pun jadi ikut meningkat.

Flu adalah penyakit menular umum yang disebabkan oleh virus influenza.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyakit flu termasuk ke dalam self limiting disease, ini artinya flu dapat sembuh dengan sendirinya. Yaitu sekitar 7-10 hari, bergantung pada daya tahan tubuh kita sendiri.

Obat yang kita minum saat flu hanya berfungsi untuk mengobati gejala, dan bukan penyebab dari penyakit flu itu sendiri.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber foto :
https://global.chinadaily.com.cn/a/202001/23/WS5e28d9afa310128217272de2.html

Sumber :
http://www.ichrc.org/43-batuk-dan-pilek
https://www.alodokter.com/hidrasi-tepat-cepat-pulihkan-flu
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4936439/disinggung-menkes-terawan-ini-arti-self-limiting-disease
https://www.kompasiana.com/yupiter/5e5e1512d541df32a86dd952/ini-berita-gembira-virus-corona-self-limited-disease?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts