Wednesday, March 25, 2020

Bukan Faktor Tunggal

Penderita yang meninggal karena terinfeksi virus corona COVID-19 bukanlah dikarenakan penyebab atau faktor tunggal. Penderita virus corona tersebut dalam kondisi sakit berat. Atau terdapat faktor lain yaitu dikarenakan penyakit yang mendahului diabetes mellitus, hipertensi, hipertiroid, gagal ginjal dan paru obstruksi menahun yang sudah cukup lama diderita.


Sehingga orang yang sedang menderita penyakit tertentu, kemudian terinfeksi dengan virus corona, maka kondisinya akan semakin parah. Hingga menyebabkan kematian terhadap orang tersebut. Hal ini juga diperkuat oleh IDI yang mengutip laporan dari WHO menyatakan bahwa Coronavirus atau 2019-nCoV atau Covid-19 bukanlah penyebab tunggal kematian.

Berdasarkan perhitungan dari pakar kesehatan, bahwa kemungkinan sembuh dari virus corona Covid-19 ini hampir 97 persen dan secara data yang meninggal adalah 3 persen, atau tepatnya adalah sebesar 3,4 persen. Artinya sebagian besar pasien positif Corona akan sembuh.

Meski pun penyakit Covid-19 ini memiliki tingkat kesembuhan yang tinggi, namun kita harus tetap waspada dan mempraktikkan gaya hidup sehat untuk mencegah penularan virus corona. Yaitu dengan melakukan pencegahan dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, makan makanan bernutrisi tinggi seperti sayur dan buah, berolahraga teratur, tidur yang cukup serta tidak merokok dan mengonsumsi alkohol.

Virus Covid-19 ini menular melalui droplet atau percikan yang keluar dari mulut atau hidung orang yang sakit. Virus corona ini mempunyai bagian yang memiliki lapisan lemak yang jika terkena detergen saat mencuci tangan dapat merusak susunan virus dan membuatnya mati.

Dan virus Covid-19 ini merupakan penyakit yang bersifat self limiting disease. Yaitu virus tersebut akan mati dan hilang dengan sendirinya dari dalam tubuh. Asalkan kita menjaga kesehatan badan, sehingga dengan tubuh yang sehat akan berdampak pada tingkat imunitas tubuh guna melawan segala macam virus.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
http://harnas.co/2020/03/12/pemicu-kematian-tak-tunggal
https://republika.co.id/berita/q6q73r428/idi-tingkat-kesembuhan-corona-capai-97-persen
https://www.merdeka.com/peristiwa/idi-kutip-laporan-who-virus-corona-bukan-penyebab-tunggal-kematian.html
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200305193718-255-480923/idi-kemungkinan-sembuh-dari-virus-corona-mencapai-97-persen

No comments:

Post a Comment

Related Posts