Tuesday, March 17, 2020

Belajar dari Rumah


Bencana non alam dari pandemi wabah virus corona Covid-19 penyebarannya sangat cepat sekali. Karena mudahnya cara penularan dari virus corona Covid-19. Yaitu melalui media droplet atau percikan cairan.

Sehingga mengharuskan Pemerintah Daerah meliburkan atau tepatnya menyelenggarakan belajar mengajar dari rumah.


JAWA TIMUR
Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah mengumumkan libur sekolah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona sejak Senin, tanggal 16 Maret 2020. Pemprov Jatim melalui Dinas Pendidikan tak berhenti melakukan upaya pencegahan dengan menempatkan hand sanitizer dan air yang digunakan mencuci tangan sebelum masuk kelas.

Selain itu, kata dia, disiapkan masker bagi yang sedang batuk maupun pilek dan thermal gun untuk memeriksa suhu tubuh.

Khofifah juga berharap masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dengan menggelorakan pola hidup bersih dan sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


SURABAYA
Pemkot Surabaya meliburkan seluruh aktivitas di sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP mulai 16-21 Maret 2020. Pemerintah Kota Surabaya mengambil keputusan cepat untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar atau meliburkan sekolah selama satu minggu penuh mulai 16-21 Maret 2020 mendatang.

Dalam surat edaran melalui Dinas Pendidikan Kota Surabaya, sekolah yang diliburkan antara lain Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK)/ Raudlatul Athfal (RA), Taman Penitipan Anak (TPA), Pos Paud Terpadu (PPT), Satuan Paud Sejenis (SPS) Negeri dan Swasta se-Kota Surabaya.

Surat tertanggal 14 Maret 2020 ini memaparkan tujuan libur dalam rangka menguatkan pendidikan karakter bersama keluarga. Kendati demikian, salah seorang guru TK Riverside yang hadir pagi ini dalam rapat dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya di Graha Sawunggaling Lantai VI Kantor Pemkot Surabaya menuturkan, bahwa libur tersebut merupakan pencegahan atas penyebaran Covid-19.


SIDOARJO
Pemkab Sidoarjo mengeluarkan pengumuman bahwa libur sekolah baru dimulai pada Selasa, tanggal 17 Maret 2020. Sedangkan hari Senin, tanggal 16 Maret 2020, semua sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Dindik) Pemkab Sidoarjo masih masuk dan aktif seperti biasa.

Dalam pengumumannya, pemkab memerintahkan bahwa aktivitas sekolah hari ini dimanfaatkan untuk sosialisasi dan edukasi panduan teknis belajar jarak jauh atau belajar di rumah.


JEMBER
Bupati Jember Faida di hadapan siswa SDN Jember Lor 1, kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, menyampaikan informasi untuk meliburkan siswa mulai tingkat PAUD, SD dan SMP mulai Selasa (17/3/2020) sebagai langkah menekan risiko penularan Virus Corona.

Faida menegaskan keputusan libur tersebut merupakan tindak lanjut merebaknya Virus Corona. Sebelumnya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa telah mengeluarkan himbauan untuk meliburkan SMA/SMK.

Selama libur siswa diharapkan dapat tetap belajar dari rumah. Guru diminta memberikan materi atau tugas untuk dipelajari siswa selama di rumah. Faida menekankan agar selama liburan, siswa benar-benar berada di rumah. Tidak justru menghabiskan waktu untuk berlibur ke tempat rekreasi.


Sumber :
https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/16/baru-hari-ini-pemkab-sidoarjo-umumkan-libur-sekolah-mulai-selasa-16-maret.
https://www.jpnn.com/news/alasan-gubernur-jatim-belum-menetapkan-sma-smk-libur-sekolah?page=2
https://www.timesindonesia.co.id/read/news/256623/cegah-corona-pemkot-surabaya-liburkan-sekolah-7-hari
https://jatim.suara.com/read/2020/03/16/153802/sekolah-di-jember-diliburkan-karena-corona-bupati-minta-siswa-tak-rekreasi

No comments:

Post a Comment

Related Posts