Monday, November 14, 2016

Hypochondriasis

Hypochondriasis, also known as hypochondria, health anxiety or illness anxiety disorder, refers to worry about having a serious illness. This debilitating condition is the result of an inaccurate perception of the condition of body or mind despite the absence of an actual medical condition.

Semenjak libur lebaran 2 tahun lalu, tepatnya tahun 2014, yaitu saat mendengar kabar bahwa ada seorang saudara yang meninggal dunia akibat terkena penyakit kompilasi diabetes atau kencing manis, dan sejak itu aku banyak membaca artikel mengenai apa itu penyakit diabetes, apa penyebab penyakit diabetes, apa gejala dan cara pencegahannya.

Satu lagi yang menjadi perhatianku adalah saudaraku ini mempunyai perut buncit, dimana perut buncit merupakan salah datu faktor risiko beberapa penyakit seperti hipertensi, jantung, stroke dan kencinng manis atau diabetes mellitus.

Penyakit diabetes ini juga termasuk jenis penyakit keturunan.

Sejak itu aku hidup lebih berhati-hati, Mungkin kelewat hati-hati. Banyak gejala penyakit yang aku takutkan akan menimpa diri, sehingga sejak itu juga aku banyak mencari artikel yang berkaitan dengan penyakit sesuatu. Misalnya :

Perut Buncit
Mata Kedutan Sebelah Kiri
Air dan Ginjal
Leptospirosis
SGPT dan SGOT
Palm Sweating
Hiperkolesterolemia

Namun malam ini aku agak bimbang, setelah membaca artikel beberapa phobia yang unik, yaitu phobia yang dimiliki oleh masyarakat modern. Salah satu diantaranya adalah Hypochondriasis.

Hypochondriasis adalah keyakinan bahwa kita memiliki suatu penyakit serius. Padahal kondisi kita tidak seburuk yang dipikirkan. Pemilik fobia hypochondriasis cenderung tidak mau memeriksakan penyakit pada ahli karena ketakutannya tersebut. Hypochondriasis adalah gangguan dimana seseorang disibukkan dengan rasa takut mengalami penyakit serius. Hypochondriasis terjadi paling sering diantara usia 20 dan 30 tahun dan tampak mempengaruhi kedua jenis kelamin secara seimbang. Beberapa orang dengan hypochondriasis juga mengalami depresi atau kegelisahan.

Jadi?


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Hypochondriasis
http://utiutay.blogspot.co.id/2010/10/hypochondriasis-hypochondriasis-adalah.html
https://today.line.me/id/article/788ac5f3e11d0379f3d2109ca9bd14803ceb374220b0fd35de66367e5e2aaede

No comments:

Post a Comment

Related Posts