Wednesday, November 16, 2016

Fantastic Beasts and Where to Find Them

Setelah sekuel film Harry Potter dari yang ke-1 hingga ke-7 yaitu Harry Potter and The Deathly Hallows (baik yang part 1 maupun part 2) dimana yang terakhir diluncurkan tahun 2011, kali ini J.K. Rowling meluncurkan prekuel Harry Potter.

Buku prekuel tersebut akan tayang versi film dengan judul Fantastic Beast and Where to Find Them.


Dan akhirnya hari Rabu malam, tanggal 16 November 2016, sekali lagi aku nonton saat tayang perdana di bioskop terdekat yaitu di New Star Cineplex, Lippo Plaza Sidoarjo.

Fantastic Beast and Where to Find Them adalah text book milik Harry Potter saat bersekolah di sekolah Hogwarts. Tokoh utama dalam film Fantastic Beast and Where to Find Them adalah Newt Scamander yaitu seorang magizoolist (ahli sihir binatang) dan sebagai penulis panduan makhluk ajaib pada buku ini.

Newt Scamander adalah pria canggung dan nerdy, tapi berubah jadi berseri-seri ketika mengurus hewan-hewan kesayangannya. Berbeda 180 derajat dengan Harry Potter yang selalu berapi-api, Newt sangat tulus dan passionate di bidangnya.



Tujuh puluh tahun sebelum Harry Potter membaca buku pelajaran yang ditulis oleh Newt Scamander di Hogwarts, sang penulis berkelana mengunjungi perkumpulan rahasia penyihir di kota New York.

Spin-off film Harry Potter yang berlatar belakang di tahun 1926 ini menceritakan kisah perjalanan Newt yang bepergian keliling dunia untuk bertemu dan mendokumentasikan hewan-hewan sihir. Hewan-hewan sihir yang disimpannya di dalam koper sihir miliknya di dunia No-Maj (manusia tanpa kemampuan sihir).

Tibalah Newt Scamander dengan kapalnya tiba di Kota New York dalam perjalanan menuju Arizona. Ia berjumpa Mary Lou Barebone, wanita non magis atau Muggle yang menjadi kepala organisasi New Salem Philianthropic Society (NSPS), yang mengklaim bahwa para penyihir itu nyata dan berbahaya.

Saat Newt mendengarkannya berbicara, sebuah Niffler keluar dengan ajaib dari kopernya. Newt Scamander yang kemana-mana selalu membawa koper tempat untuk menyimpan berbagai hewan ajaib.

Saat akan mencoba menangkapnya, dia bertemu seorang pekerja pabrik pengalengan dan bercita-cita menjadi tukang roti, Jacob Kowalski. Dan tidak sengaja koper tersebut terbawa oleh Jacob Kowalski sehingga beberapa hewan lepas dan merajalela di kota New York.

Diutuslah Auror (Pemburu penyihir gelap) Tina Goldstein untuk menangkap Newt karena termasuk penyihir yang tidak terdaftar dan membawanya ke markas Magical Conggres of the United States of America (MACUS).

Namun karena koper telah tertukar, dimana koper Jacob hanya berisi benda-benda panggangan, maka Newt dilepaskan.

Di New York pada waktu itu sedang dalam penjagaan ketat akibat banyaknya kejadian mistis ditambah aksi kelompok ekstrimis anti-sihir, Second Salemers. Adalah Gellert Grindelwald yang menjadi buronan di seluruh dunia yang dituduh penyebab kecelakaan misterius di dunia No-Maj (istilah untuk Muggle di Amerika).

Auror dari Kementerian Sihir MACUSA, Tina memaksa Newt dan Jacob untuk mengumpulkan kembali hewan-hewan itu sebelum menimbulkan keributan. Sayang, MACUSA terlanjur menuduh hewan peliharaan Newt sebagai biang onar kekacauan ini.

Akhirnya Tina dant Newt menemukan Jacob dan kopernya, Tina mengajak mereka ke apartemennya dan memperkenalkan mereka kepada Queenie, adiknya yang seorang legilimens. Queenie dan Jacob saling suka, meskipun para penyihir Amerika dilarang menikah dengan orang yang tidak memiliki kemampuan sihir (No-Majs).

Newt memasukkan Jacob ke dalam koper ajaibnya yang luas, disana Jacob bertemu dengan Obscurus, sesuatu yang gelap, parasit destruktif yang berkembang didalamnya secara ajaib berhadiah anak jika mereka menekan kemampuan sihir mereka.

Newt mengekstaksinya dari seorang perempuan muda yang telah meninggal, mereka yang hidupnya tak melewati usia sepuluh tahun. Newt membujuk Jacob untuk membantu mencari hewannya yang hilang.

Setelah menangkap kembali dua dari tiga hewan yang melarikan diri, mereka kembali masuk ke dalam koper, yang Tina butuhkan untuk  MACUSA. Resmi menangkap mereka, dipercayai bahwa salah satu hewan Newt adalah yang bertanggung jawab untuk membunuh Senator Henry Shaw Jr.

Mereka memutuskan untuk menghancurkan koper Newt dan menghapus ingatan Jacob. Pemimpin dari Magical Security Percival Graves  menuduh Newt bersekongkol dengan penyihir gelap Gellert Grindelwald.

Newt dan Tina dijatuhi hukuman mati, tetapi Queenie dan Jacob menyelamatkan mereka, berkat bantuan dari Goblin gangster Gnarlack, informan tua Tina, mereka berempat kemudian mencari dan menangkap kembali hewan sihir yang terakhir.

Sementara itu, Percival Graves mendekati Credence Barebone, anak adopsi Mary Lou, dan menawarkan untuk membebaskannya dari ibunya yang kejam. Sebagai gantinya, dia ingin Credence untuk mencari Obscurus.

Graves berkeyakinan bahwa itu adalah penyebab misterius kekacauan di sekitar kota. Credence mencari tongkat sihir di bawah tempat tidur adik angkatnya, Modesty. Mary Lou menganggap itu adalah tongkat sihir Credence, tetapi Modesty mengaku itu miliknya.

Ketika dia akan dihukum, Obscurus melepaskannya, dengan membunuh semua orang kecuali Modesty dan Credence. Graves tiba dan menolak Credence sebagai seorang Squib (seseorang yang tidak memiliki kemampuan sihir), dan menolak untuk mengajarinya sihir.

Credence mengungkapkan bahwa ia adalah host obscures, memiliki hidup lebih lama daripada `host lainnya sesuai intensitas sihirnya. Dengan amarahnya, dia melepaskan Obscurus di sekeliling kota.

Newt menemukan Credence bersembunyi di sebuah terowongan kereta bawah tanah, tetapi ia diserang oleh Graves. Tina, yang mengetahui Credence, datang dan mencoba menenangkannya, sementara itu Graves mencoba untuk membujuk Credence agar mendengarkannya.

Saat Credence mulai menetap kembali ke wujud manusia, Picquery dan para Auror tiba. Picquery memutuskan Credence harus dieksekusi untuk melindungi masyarakat magis mereka. Para Auror merasa menghancurkannya, tetapi sebuah fragmen kecil Obscurus lolos.

Graves mengaku melepaskan Obscurus untuk menampakkan masyarakat magis kepada kaum No-Majs, dan dengan marahnya mengklaim bahwa MACUSA melindungi kaum No-Majs lebih dari mereka. Setelah ditundukkan oleh salah satu hewan Newt, ia dinyatakan sebagai Grindelwald yang menyamar dan dibawanya ke tahanan oleh Auror MACUSA.

MACUSA khawatir rahasia dunia mereka terekspos, tetapi Newt melepaskan Thunderbirdnya untuk menyebarkan tapal curah hujan di seluruh kota agar semua kenangan terakhir masyarakat New York terhapus seperti penyihir MACUSA memperbaiki kerusakan.

Queenie mencium Jacob terakhir kali sebelum hujan menghapus ingatannya. Newt berangkat ke Eropa, tetapi ia berjanji untuk kembali dan mengunjungi Tina ketika bukunya telah selesai, dia juga dengan nama yang tak dikenal meninggalkan Jacob sekotak cangkang telur perak Occamy sebagai modal usaha took rotinya.

Roti-roti dan kue-kuenya tanpa ia ketahui terinspirasi oleh hewan-hewan sihir Newt, dan Queenie mengunjungi tokonya.

Pemimpin Second Salemers, Credence yang pucat dan suram yang dapat membuat bulu kuduk berdiri sebagai pemuda misterius yang tertekan menahan luapan emosinya. Apakah Credence adalah Tom Riddle atau Voldemort?

Entah.


Sumber :
http://www.imdb.com/title/tt3183660/
https://ridwanderful.com/2014/04/06/film-fantastic-beast-and-where-to-find-them-kisah-lain-dari-dunia-sihir-harry-potter/
https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/review-film-fantastic-beasts-era-baru-dunia-sihir-jk-rowling/
https://sinopsisfilmbioskopterbaru.com/fantastic-beasts-and-where-to-find-them-2016/

No comments:

Post a Comment