Saturday, March 28, 2020

Baterai HP Menggelembung

Smartfren Andromax A yang pernah aku bahas 3 tahun lalu, saat ini ada problem dengan baterai. Baterainya tampak menggembung. Ini memang problem yang sering ditemui pada ponsel atau HP yang sudah lama digunakan, yaitu baterai HP bisa menggelembung sendiri. 

Hal ini ditandai dengan kita akan cukup kesusahan untuk menutup casing HP karena baterai yang menggembung tadi. Oleh karena itu kita mau tidak mau anda harus mengganti baterai HP dengan yang baru.


Apa penyebab baterai menggembung? 

Beberapa mengatakan bahwa penyebab kenapa baterai HP bisa menggelembung, yaitu karena sering over charge, atau kelamaan nge-charge HP. Hal ini biasanya disebabkan saat kita kelupaan nge-charge HP kelamaan, apalagi ngecharge saat malam.

Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, karena smartphone mempunyai sistem pengisian baterai yang smart yang didesain agar setelah baterai terisi penuh maka otomatis akan memutuskan aliran listrik dari charger ke baterai, sehingga pengisian otomatis terhenti.

Beberapa disebutkan bahwa terdapat komponen pengisian yang tidak original, misalnya baterai yang digunakan bukan original, ataupun charger yang digunakan tidak original. 

Sehingga menyebabkan tegangan atau arus dari charger non original tidak sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan, misal kalau kekecilan maka tidak bisa mengisi baterai, sedangkan kalau kebesaran bisa merusak baterai, sehingga menyebabkan baterai menggelembung.

Untuk itu gunakanlah baterai maupun charger yang original.

Penyebab baterai HP atau ponsel menggelembung adalah pemakaian HP yang terlalu ekstrim, misalnya menggunakan ponsel tanpa henti, tanpa memberikan kesempatan baterai untuk beristirahat. Atau bahkan yang ekstrim adalah HP digunakan sambil dicharge, misalnya sambil main game, sambil online, sambil teleponan. 

Hal ini dapat menyebabkan baterai panas dan akhirnya menggelembung.

Karena saat pengisian baterai HP sambil digunakan untuk aktivitas tadi, arus yang masuk ke baterai tidak sebanding dengan arus yang dikeluarkan dari baterai. Hal ini yang menyebabkan baterai cepat panas karena dipaksa untuk bekerja berat padahal baterai itu tidak mampu.

Kembali ke HP Smartfren Andromax A, HP ini dibekali baterai berkapasitas 1950 mAh battery bertipe Li-Ion cukup untuk menjalankan spesifikasi yang cukup tinggi dari smartfren Andromax A Kapasitas baterai 1950 mAh tidak cukup untuk pecinta game, pecinta bisa menggunakan power bank untuk bermain game sepuasnya.


Sumber:
https://www.digitalponsel.com/7200/smartfren-andromax-a/
https://teknikit.com/2014/06/inilah-penyebab-sebenarnya-baterai-hp-menggelembung.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts