Sunday, March 29, 2020

Vitamin C

Vitamin C adalah jenis vitamin yang larut dalam air Vitamin C dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat, yang memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit dan mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular, serta menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi.

Pada tahun 1928, vitamin C berhasil diisolasi.
Pada tahun 1932, vitamin C ditemukan dan menjadi agen yang dapat mencegah sariawan.
Pada tahun 1937, Albert Szent-Györgyi mendapatkan penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran untuk penemuan tersebut.

Terdapat kebiasaan yang dapat menghilangkan vitamin C dalam darah, yaitu diantaranya merokok (menghilangkan 25%), kafein, stres, demam dan infeksi.


Vitamin C terdapat pada buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati. Buah lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47% daripada jeruk. Bahkan dikatakan buah jambu juga mempunyai kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk.

Mari kita kupas satu per satu sumber vitamin C tersebut:
  1. Jambu Biji, dalam satu buah jambu biji, mengandung sebanyak 200 mg vitamin C yang jauh lebih banyak dibandingkan jeruk. Jambu biji juga mempunyai sumber serat yang lebih banyak daripada jeruk. 
  2. Pepaya, buah ini mempunyai sekitar 94 mg vitamin C dalam setiap setengah potongnya. Jumlah ini memang lebih rendah dari jambu biji, tetapi masih lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Pepaya juga bermanfaat mencerahkan kulit dan memperkuat tulang.
  3. Kiwi, setiap satu buah kiwi, terdapat sekitar 84 mg vitamin C. Jumlah ini pun masih lebih banyak dibandingkan kandungan vitamin C pada jeruk. Kiwi mempunyai rendah kalori sehingga sangat pas untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet.
  4. Jeruk,
  5. Leci, dalam setiap 100 g leci, terdapat 71,5 mg vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jumlah ini dapat dikatakan cukup tinggi.
  6. Strawberry, buah berry mempunyai 52 mg kandungan vitamin C dalam setiap setengah gelas (125 ml). Jumlah ini memang sedikit lebih rendah dibandingkan vitamin C pada jeruk. 
  7. Nanas, buah ini mempunyai sekitar 34 49 mg vitamin C dalam setiap setengah gelasnya (125 ml).
  8. Mangga, memiliki kandungan vitamin sebanyak 29 mg dalam satu buahnya. Jumlah ini memang terbilang kecil, namun masih cukup untuk dijadikan konsumsi vitamin C harian.
  9. Sirsak, setiap konsumsi 100 g sirsak, terdapat sekitar 20 mg vitamin C. 
  10. Blewah, dalam buah blewah terdapat kandungan vitamin C sebanyak 36,7 mg.
Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin_C
https://www.merdeka.com/sumut/9-buah-vitamin-c-terbaik-yang-perlu-diketahui-bukan-hanya-jeruk-kln.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts