Sunday, March 15, 2020

Protokol Covid-19

Penyebaran Virus Corona (Covid-19) menyebabkan rush diberbagai belahan dunia. Untuk mencegah penyebarluasan virus, pemerintah dari level pusat hingga daerah harus membuat protokol sebagai upaya respons cepat untuk mengedukasi masyarakat sekaligus mencegah kepanikan.


Sehingga dengan memberlakukan protokol khusus tersebut dapat menjaga kondusivitas situasi kerja di tengah penyebaran Corona. Beberapa sumber dan referensi setidaknya Protokol Covid-19 diantaranya yaitu :
  1. Melakukan pengecekkan suhu tubuh kepada setiap orang yang memasuki wilayah pabrik, dengan membatasi suhu tubuh maksimal yang diperkenankan memasuki pabrik tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius. 
  2. Mengidentifikasi tamu yang dengan meminta mengisi buku tamu.
  3. Semua pegawai memastikan kebersihan tempat kerja, dengan menjaga kebersihan tangan terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata.
  4. Jika sedang dalam keadaan tidak sehat, sebaiknya segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Gunakan masker jika mengalami batuk atau pilek.
  6. Terapkan etika batuk dan bersin: tutup mulut menggunakan lengan atas bagian dalam atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu yang kotor ke tempat sampah. Lalu cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air.
  7. Bersihkan toilet secara teratur dan bagi pengguna toilet, siram toilet setelah digunakan.
  8. Gunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan pembersihan dan saat menangani limbah.
  9. Lakukan pembersihan menggunakan desinfektan secara berkala terhadap peralatan dan fasilitas umum setelah digunakan, seperti kenop pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan mesin kehadiran (finger print).
Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
http://ksp.go.id/waspada-corona/index.html
https://tirto.id/menkeu-terbitkan-protokol-internal-cegah-penularan-corona-covid-19-eEkP
https://www.ayobandung.com/read/2020/03/16/82706/bank-bjb-terapkan-protokol-khusus-cegah-penyebaran-covid-19
https://www.suara.com/lifestyle/2020/03/14/155859/pandemi-corona-covid-19-catat-protokol-pencegahan-penularan-di-restoran
https://nasional.kompas.com/read/2020/03/08/13524491/ini-protokol-kesehatan-pemerintah-untuk-hadapi-virus-corona
https://www.harianaceh.co.id/2020/03/14/ijti-keluarkan-panduan-protokol-mitigasi-peliputan-covid-19/

No comments:

Post a Comment

Related Posts