Tuesday, March 10, 2020

Jaga Makan & Aktif Bergerak


Penyumbatan koroner jantung penyebabnya hampir 100 persen berasal dari makanan, untuk itu perlu adanya tuntunan panduan makan secara cermat.

Resep sehat manusia agar kita bisa menikmati hidup adalah jangan terlalu sering memanjakan lidah ke makanan yang enak. Karena nanti di masa depan kita harus membayar harga nikmat tapi mematikan.

Penumpukan lemak itu bukan lahir dari akibat konsumsi lemak yang berlebihan. Manusia itu punya threshold untuk lemak, yaitu rasa mual dan muak. Jarang ada manusia yang mengkonsumsi lemak lebih banyak dari kemampuan tubuhnya menerima.

Penumpukan lemak dalam tubuh kita, mayoritas lebih kepada konsumsi gula yang berlebihan dalam segala bentuk. Kandungan gula yang terlalu tinggi membuat tubuh mengeluarkan insulin berlebihan untuk menormalkan lonjakan gula darah dan mengakibatkan kelenjar pankreas lelah.  Kerusakan pankreas membuat penyakit degeneratif yang sangat populer, Diabetes.

Ada ungkapan dari seorang dokter yang perlu kita renungkan : "Berhenti makan beras, tepung atau sumber karbohidrat umum lainnya! Kalau Tuhan mau kita makan beras, kita sudah dikasih tembolok dari lahir!"

Penjelasan dari dokter ahli gizi Tan Shot Yen yang cukup viral sangat menarik untuk disimak.

Konsumsi gula juga bisa berasal dari karbohidrat, karena karbohidrat akan berubah menjadi gula, dimana cadangan gula yang berlebihan akan segera ditransformasikan oleh tubuh dalam bentuk glikogen (disimpan dalam hati - otot) serta trigliserida (lemak). Angka trigliserida tinggi adalah sumber obesitas yang sekarang semakin marak menyerang kehidupan manusia.

Sumber pangan yang dibutuhkan manusia adalah makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Mikronutrien adalah unsur mineral dan vitamin. Buah dan sayur bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat.

Sayuran memiliki indeks glikemik yang rendah, tidak terlalu cepat diubah menjadi gula darah dalam dua jam setelah makan, berserat, berkapasitas antioksidan tinggi, dan alkalis (tidak asam yang mempercepat perusakan organ tubuh).

Sayur yang dimaksud bukanlah masakan seperti sayur bening atau sayur cap cay.

Sayur dimasak sudah pasti enzyme-nya mati, gak ada gunanya buat tubuh, paling cuma serat-seratnya aja. Makan sayuran mentah yang dicuci bersih, kalau takut sama pestisida, ya beli yang organic atau tanam sendiri di depan rumah.

Untuk pemenuhan kalsium, kita tidak harus minum susu. Kita harus mengikuti tips dari kemasan susu, ada tulisan kecil 'Harus disertai dengan aktivitas fisik yang rutin' atau tulisan 'berjalan 10.000 langkah perhari'.

Jadi kita harus aktif dan banyak bergerak. Karena sistem limfatik tubuh cuma bisa berfungsi kalau kita bergerak dengan baik. Menjaga makanan tanpa pernah aktif menggerakan tubuh secara benar akan membuat fitalitas kita terganggu.

Untuk informasi mengenai jumlah penderita Covid-19, baik yang positif dan korban meninggal dunia bisa dilihat dari sumber dan referensi yang terpercaya, yaitu:

Sumber :
https://suryatiningsih.staff.telkomuniversity.ac.id/%E2%80%8Bpraktek-yang-unik/
https://lifestyle.kompas.com/read/2014/09/29/100229923/Sehat.Tenteram.Tanpa.Nasi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts