Wednesday, July 19, 2023

Life Expectancy

Harapan Hidup merupakan jumlah rata-rata usia yang diperkirakan pada seseorang atas dasar angka kematian pada masa tersebut yang cenderung tidak berubah di masa mendatang. Angka Harapan Hidup ini menjadi sarana evaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya di suatu negara.

Angka Harapan Hidup (AHH) Menurut Provinsi dan Jenis Kelamin (Tahun), 2020-2022 bisa kita lihat di website bps.go.id

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, Angka Harapan Hidup di Indonesia pada tahun 2021 adalah sebesar 71,6 tahun. Jumlah tersebut meningkat 0,1 tahun dari tahun tahun sebelumnya, di mana pada tahun 2020 AHH di Indonesia adalah sebesar 71,5 tahun.

Sedangkan menurut data yang dirilis World Bank pada tahun 2020, Indonesia memiliki Angka Harapan Hidup sebesar 71,91 dan berada di peringkat ke-115 di dunia. 

Berdasarkan provinsi, posisi pertama dengan Angka Harapan Hidup tertinggi di Indonesia ditempati oleh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yaitu sebesar 75,08 tahun, naik dari tahun sebelumnya dengan skor 75,02 tahun. 

Menurut data Worldometers, angka harapan hidup penduduk dunia sebesar 73,2 tahun pada 2020. Wanita memiliki harapan hidup yang lebih lama yakni 75,6 tahun, sedangkan pria 70,8 tahun. Faktor utama yang membuat angka harapan hidupnya tinggi adalah kualitas fasilitas kesehatan anak yang memadai. 

Berdasarkan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan OECD dari laporan Swissinfo, Swiss punya harapan hidup terpanjang di dunia untuk kaum laki-laki dengan memiliki harapan hidup 81,9 tahun, sedangkan usia harapan hidup perempuan di Swiss tetap lebih tinggi, yaitu 85,6 tahun.

Sedangkan berdasarkan paparan penjelasan dari Far & Wide, Monako menjadi negara dengan angka harapan hidup paling tinggi di dunia yaitu sampai menyentuh di usia 89,4 tahun rata-rata. Hal ini tidak hanya berangkat dari fasilitas kesehatan yang memadai, tetapi negara kecil di benua Eropa ini memiliki pola makan sehat, yaitu Diet Mediterania.


Sumber :

https://dinkes.jayapurakab.go.id/2933-2/

https://ourworldindata.org/life-expectancy

https://www.bps.go.id/indicator/40/501/1/angka-harapan-hidup-ahh-menurut-provinsi-dan-jenis-kelamin.html

https://goodstats.id/article/5-provinsi-dengan-angka-harapan-hidup-tertinggi-di-indonesia-xz4cQ

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/08/wanita-hong-kong-punya-harapan-hidup-terpanjang-di-dunia

https://www.kompas.tv/internasional/373690/ini-negara-dengan-harapan-hidup-tertinggi-di-dunia-usia-perempuan-lebih-panjang-ketimbang-lelaki

https://www.sonora.id/read/423304136/5-negara-dengan-angka-harapan-hidup-paling-tinggi-di-dunia-indonesia-termasuk-enggak-sih

No comments:

Post a Comment

Related Posts