Sunday, March 3, 2019

Olah Raga, Olah Pikiran, Olah Jiwa dan Olah Hati

Sebelumnya dalam tubuh manusia ada 3 hal yaitu Olah Raga, Olah Jiwa dan Olah Hati yang perlu diperhatikan dan diseimbangkan. Namun ada 1 hal lagi.

Agar dapat hidup seimbang dan bahagia, maka manusia perlu memperhatikan dan mengolah empat unsur yang ada di manusia yaitu Raga, Pikiran, Jiwa dan Hati.


Raga
Raga perlu senatiasa diasupi makanan yang bergizi, agar tumbuh dan berkembang serta mempunyai kebiasaan berolahraga supaya raga atau tubuh menjadi lebih sehat, lebih kuat dan tumbuh dengan sempurna.

Pikiran
Belajar merupakan proses perubahan sebagai hasil dari pengalaman atau latihan dengan interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respons berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.

Jiwa
Jiwa perlu asupan dari sesuai perkembangan usia seperti moral, budi pekerti dan keimanan, sesuai dengan semboyan ‘dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat’.

Hati
Rasa atau hati perlu memiliki kepekaan kepada rasa di dalam diri sendiri maupun rasa karena efek dari eksternal, akan membentuk Rasa lebih tajam terhadap hal-hal yang dirasakan Raga dan Jiwa. Rasa semakin peka akan menjadikan manusia lebih tenggang rasa kepada manusia lain, masyarakat dan dunia.


Sumber :
http://www.taufanyanuar.com/2014/05/olah-raga-olah-jiwa-dan-olah-rasa.html

No comments:

Post a Comment

Related Posts