Wednesday, February 17, 2021

Disclaimer

Pada Cambridge dictionary, disclaimer adalah pernyataan formal yang menyatakan bahwa Anda tidak mempunyai keterlibatan langsung dan tidak bertanggung jawab atas suatu hal.      

Disclaimer adalah penolakan atau pernyataan bahwa Anda tidak bertanggung jawab terhadap sesuatu. 

Selain itu disclaimer juga melindungi kekayaan intelektual atau hak cipta Anda di website milik Anda.

Dalam bisnis, disclaimer dimaksudkan untuk melindungi diri Anda maupun bisnis Anda dari tindakan hukum dan klaim kewajiban tertentu. Tujuan disclaimer adalah untuk membatasi aspek kontrak maupun hak dan kewajiban hukum dari konten tersebut.

Contoh yang paling mudah adalah pada produk kecantikan yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Namun karena Anda tidak menjamin bahwa semua tipe kulit akan cocok untuk menggunakan produk tersebut, maka Anda bisa menuliskannya dalam disclaimer.

  1. Fungsi dari disclaimer adalah sebagai berikut:
  2. Mencegah Tuntutan Pelanggan, pernyataan disclaimer dapat menghalangi keinginan pelanggan untuk mencari kompensasi hukum dari perusahaan Anda.
  3. Membantu Anda ”Menang” di Mata Hukum, disclaimer bisa jadi salah satu alat bukti untuk membantu Anda terbebas dari tanggung jawab dan penuntutan tersebut. 
  4. Mengurangi Tanggung Jawab, disclaimer setidaknya berfungsi untuk mengurangi tanggung jawab Anda untuk mengganti rugi apa yang dialami konsumen.
  5. Terlihat Profesional, disclaimer memberikan kesan profesional kepada produk dan layanan yang Anda tawarkan. Tak hanya itu, bisnis Anda juga akan dipandang patuh hukum oleh para konsumen.


Sumber :

https://qwords.com/blog/disclaimer-adalah/

https://mengapa.net/apa-itu-disclaimer-artinya/

https://jakithomas.blog/trashy-teacher-chronicles/

https://pelayananpublik.id/2020/03/24/apa-itu-disclaimer-apa-fungsi-dan-bagaimana-cara-membuatnya/

No comments:

Post a Comment

Related Posts