Sunday, June 6, 2021

Business Sustainability

Perdebatan tentang growth vs sustainability adalah termasuk old-fashioned discussion dan hanya buang-buang waktu. Karena perdebatan tentang pertumbuhan growth vs sustainability memerlukan banyak aspek didalamnya dalam perspektif jangka panjang.

Business sustainability (keberlanjutan bisnis) atau corporate sustainability (keberlanjutan perusahaan), adalah pengelolaan dan koordinasi tuntutan dan masalah lingkungan, sosial dan keuangan untuk memastikan keberhasilan yang bertanggung jawab, etis, dan berkelanjutan.

Setidaknya ada 3 pilar dalam sustainability, yaitu tuntutan sosial, lingkungan dan ekonomi. 

Beberapa produk lokal di Indonesia dihasilkan oleh perusahaan yang sudah berumur lebih dari 100 tahun. Produk-produk tersebut mampu bertahan karena mempertahankan orisinalitasnya yang diperlukan konsistensi dari generasi ke generasi. Sehingga muncul kecintaan terhadap produk secara turun temurun. 

Contoh produk lokal tersebut adalah 

  1. Warung Tinggi Koffie (1878) terletak di jantung kota Batavia di jalan yang dulu bernama Molenvliet, kini Jalan Hayam Wuruk, tak jauh dari Istana Gubernur Jenderal yang kini jadi Istana Presiden.
  2. Kecap Cap Istana (1882) didirikan oleh Teng Hay Soey
  3. Kecap Orang Jual Sate (1889) oleh Ong Tjin Boen di Probolinggo, Jawa Timur. 
  4. Roti GO (1898) oleh nyonya Oei Pak Ke Nio dan suaminya Go Kwe Ka di jantung kota Purwokerto, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman No. 724.
  5. Toko Oen (1910) jual kue kering dan es krim di Yogyakarta oleh Nyonya Liem Gien Nio (Oma Oen). 
  6. Bah Kacung (1912) tahu kuning Bah Kacung di Kediri.
  7. Djie Sam Soe (1913) diproduksi oleh Liem Seeng Tee bersama istrinya di bawah bendera HM Sampoerna.
  8. Soda Tjap Badak (1916) yang dihasilkan NV Ijs Fabriek Siantar di Pematang Siantar. 
  9. Jamu Njonja Meneer (1919).
  10. Kecap Bango (1928)
  11. Deterjen B-29 (1930)
  12. Permen Davos (1931).
  13. Sirup tjap Buah Tjempolay
  14. Ting-Ting Jahe (1935)
  15. Blue Band (1936).
  16. Wajik Week (1939).
  17. Tahu Yun Yi (1940)
  18. The tjap Botol (1940)

Produk-produk tersebut berusaha keras menjaga rasa dan kualitasnya, sehingga semakin lama produk tersebut bertahan maka akan semakin kuat mereknya sehingga cenderung lebih dipercaya pasar dan mempengaruhi daya tarik konsumen.

Membangun merek, mempertahankan rasa, dan menghadapi persaingan bukanlah hal mudah.


Dari hal diatas maka akan terbentuk brand awareness yaitu kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, termasuk nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan tertentu yang pernah digunakan oleh brand tersebut dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Brand awareness dapat dikategorikan menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  1. Brand Recognition, atau aided recall, adalah kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk ketika mereka melihat produk tersebut. Bisa jadi konsumen tidak ingat nama, tapi konsumen mengenalinya dari visual produk misalnya tampilan, logo, slogan, ataupun warna.
  2. Brand Recall, atau unaided recall atau spontaneous recall, konsumen mampu mengingat merek cukup dari mendengar kategori produk. Hal ini berarti konsumen sudah memiliki simpanan ingatan tentang brand yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti brand loyalty dan frekuensi pemakaian produk.
  3. Top-of-Mind Awareness (TOMA), brand atau produk yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

Jadi, bagaimana perusahaan dapat bertahan lebih dari 100 tahun? Perusahaan-perusahaan yang telah berusia di atas 100 tahun selalu mencoba untuk menciptakan pelanggan yang royal dengan produk mereka, serta berfokus untuk menjadi lebih baik, bukan lebih besar. 


Sumber :

https://www.eco-business.com/news/debate-on-growth-vs-sustainability-a-waste-of-time/

https://whatis.techtarget.com/definition/business-sustainability

https://tirto.id/mereka-yang-bertahan-lebih-dari-1-abad-oSw

https://www.dewaweb.com/blog/brand-awareness/

https://travelingyuk.com/merek-kecap-tertua/111080

No comments:

Post a Comment

Related Posts