Wednesday, January 26, 2022

Vaksin Booster Setengah Dosis Pfizer

Seminggu ini ibu minta dicarikan vaksin ke-3, dikarenakan pertengahan bulan Januari 2022 ini sudah 6 bulan dari vaksinasi yang kedua. Vaksin ke-3 ini bisa digunakan untuk booster yang diberikan kepada masyarakat umum sejak 12 Januari 2022 lalu secara gratis.

Ada sejumlah kombinasi vaksin ke 3 atau booster yang bisa diberikan kepada masyarakat Indonesia mengacu pada ketersediaan vaksin yang ada dan pertimbangan rekomendasi ITAGI, persetujuan BPOM dan rekomendasi WHO. Berikut vaksin ke 3 atau booster yang bisa diberikan:

  • Vaksin primer Sinovac: vaksin booster setengah dosis Pfizer (0,15 ml)
  • Vaksin primer Sinovac: vaksin booster setengah dosis AstraZeneca (0,25 ml)
  • Vaksin primer AstraZeneca: vaksin booster setengah dosis Moderna (0,25 ml)
  • Vaksin primer AstraZeneca: vaksin booster setengah dosis Pfizer (0,15 ml)

Meski hanya setengah dosis, namun vaksin booster tetap dapat meningkatkan level antibodi yang relatif sama. Prioritas vaksinasi booster adalah untuk kelompok lansia dan kelompok rentan. Jadi bagi kita yang sudah mendapatkan 2 dosis vaksin, kita dapat tiket vaksin dosis ke-3 atau booster vaksin dapat ditemukan pada aplikasi PeduliLindungi atau situs website PeduliLindungi.id.

Vaksin Comirnaty dari Pfizer sebagai dosis lanjutan homolog dapat diberikan sebanyak 1 dosis minimal setelah 6 bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap Comirnaty/Pfizer pada usia 18 tahun ke atas, dengan peningkatan nilai titer antibodi netralisasi setelah 1 bulan pemberian booster/dosis lanjutan dibandingkan 28 hari setelah vaksinasi primer sebesar 3,29 kali. Efek samping vaksin Comirnaty adalah: Nyeri otot Demam Nyeri sendi


Sumber:

https://news.detik.com/berita/d-5916445/vaksin-ke-3-namanya-apa-ini-jenis-vaksin-diizinkan-untuk-booster.

https://newssetup.kontan.co.id/news/banyak-yang-masih-bingung-vaksin-booster-apakah-harus-sama-ini-kata-kemenkes.

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220126071439-37-310450/cara-cek-tiket-vaksin-booster-temukan-lokasi-vaksinasi

https://newssetup.kontan.co.id/news/efek-samping-vaksin-booster-coronovac-pfizer-astra-dan-moderna?page=all.

https://www.tribunnews.com/nasional/2022/01/19/masih-bingung-soal-vaksin-booster-ini-rekomendasi-kombinasi-yang-disetujui-bpom

No comments:

Post a Comment

Related Posts