Saturday, February 17, 2024

Nararya Kirana

Pada masa Kerajaan Singasari, Lamajang tetap menjadi daerah yang banyak dikunjungi. Raja Singasari keempat, Nararya Sminingrat, menetapkan putranya, Nararya Kirana, sebagai penguasa Lamajang pada tahun 1177 Saka (1255 M).

Namun, Kerajaan Singasari runtuh pada tahun 1292 M karena Pemberontakan Jayakatwang, yang kemudian mengakibatkan munculnya Kerajaan Majapahit. Raden Wijaya, menantu dari Raja Kertanegara yang berhasil kabur, bersama Arya Wiraraja merencanakan untuk merebut tahta kerajaan dari tangan Jayakatwang. Mereka berhasil mengalahkan Jayakatwang dan mendirikan Kerajaan Majapahit, dengan Raden Wijaya sebagai raja pertamanya.

Sebagai bagian dari janji kepada Arya Wiraraja, Raden Wijaya memberikan separuh wilayah Kerajaan Majapahit, termasuk wilayah Lamajang Tigang Juru.


Arya Wiraraja atau Banyak Wide adalah nama seorang tokoh Jawa, sebagai pemimpin pada abad ke-13 M di Jawa dan Madura. Aria Wiraraja adalah penasehat negara di Kerajaan Singhasari dan sekaligus saudara sepupu Kertanagara. Arya Wiraraja merupakan cucu dari Ranggawuni / Raja Seminingrat, ayah dari Arya Wiraraja bernama Nararya Kirana yang juga pernah menjabat sebagai Adipati Wengker lalu pindah tugas ke Lamajang sebagai Adipati pertama dari Kadipaten Lamajang Tigang Juru. Arya Wiraraja memiliki putra yaitu Arya Wirondaya atau Ranggalawe dan Nambi.

Namanya hanya muncul satu kali dalam Prasasti Mula Malurung, yakni pada saat pentasbihan sebagai penguasa Lumajang oleh Wisnuwardhana, Raja Kerajaan Singhasari. Prasasti Mula Malurung yang dimana prasasti tersebut merupakan prasati yang berbentuk lempengan tembaga yang diterbitkan oleh Raja Kertanegara yang pada saat itu berstatus sebagai raja muda. Prasasti ini pada saat itu merupakan sebuah piagam yang mengesah Desa Malurung dan juga Desa Mula di wilayah Singosari.

Prastasti Mulan Malurung menyebutkan, yang dijadikan salah satu pemimpin yang ditunjuk oleh Raja Singosari. Dalam Prasasti Mulamalurung lempengan VII halaman a baris 1 – 3, yang menyebutkan bahwa pada tahun 1177 Saka (1255 M) Nararya Kirana dinobatkan sebagai penguasa Lamajang oleh ayahnya Raja Singasari Nararya Sminingrat. Sejak saat itulah Nararya Kirana sebagai penguasa Lumajang yang pertama kali.


Sumber :

https://www.pengabar.com/nasional/88911832117/asal-usul-lumajang-dan-gunung-semeru-nararya-kirana-jadi-raja-pertama?page=2

https://id.wikipedia.org/wiki/Aria_Wiraraja

https://www.kelumajang.com/wisata/98111202549/terkuak-siapa-sih-tokoh-nararya-kirana-pemimpin-penguasa-lumajang-pertama-disebut-dalam-prasasti-mulan-malurung-sebagai-dasar-penetapan-harjalu?page=1

https://bangsapedia.com/posts/nararya-kirana-penguasa-pertama-kabupaten-lumajang-ini-sejarahnya

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/15/183749878/mengenal-nararya-kirana-penguasa-pertama-di-lumajang.

https://info.livein.id/inilah-desa-wisata-toyomarto-desa-dengan-peninggalan-sejarah-tertua

No comments:

Post a Comment

Related Posts