Monday, January 25, 2016

Ortetic Insole


Bagi penderita Flat-foot atau Flat Feet atau Metatarsus Adductus, disarankan untuk senantiasa memakai sepatu terapi flat feet yang fungsinya untuk mengkoreksi bentuk dan susunan kaki agar bisa kembali normal.

Namun pilihan sepatu terapi flat feet sudah cukup modern, namun terkadang anak kurang suka karena pilihannya yang kurang beragam.

Setelah coba browsing, akhirnya aku menemukan 3 sumber yang bisa digunakan sebagai referensi sebagai alternatif terapi untuk kaki penderita flat feet. Yaitu selain menggunakan sepatu terapi yang disediakan oleh pihak rumah sakit, ada suatu alat bantu yang dinamakan dengan Ortetic insole.

Ortetic insole adalah alat bantu untuk megoreksi kelainan kaki, menciptakan rasa nyaman dalam melakukan mobilitas sehingga dapat meningkatkan keseimbangan tekanan pada kaki dan seluruh tubuh. Manfaat alat penopang kaki (ortetic insole) adalah :
1. Memperbaiki atau mengkoreksi kelaianan kaki
2. Membantu atau mengontrol pergerakan sendi
3. Menyediakan posisi yang lebih baik
4. Menghilangkan tekanan pada area tertentu kaki
5. Pelindung dari gangguan fisik

Manfaat lain dari alat penopang kaki (ortetic insole) adalah menumbuhkan rasa percaya diri bagi pemakainya karena pada saat menggunakan alat ini penderita terlihat seperti orang normal pada umumnya. Sehingga terutama anak-anak yang mempunyai kelainan flat feet dapat meningkatkan percaya diri.

Alat ortetic insole ini digunakan dengan dimasukkan ke dalam sepatu yang digunakan oleh penderita. Berdasarkan material ortetic insole (penopang kaki) dikelompokkan menjadi :
1. Ortetic insole Kaku
2. Ortetic insole Lunak
3. Ortetic insole Semirigid
4. Ortetic insole Kalibrasi


Sumber :
https://bahtiar2385.wordpress.com/2009/11/10/ortetic-insole/comment-page-1/#comment-831
http://www.acehardware.co.id/id/product/product_detail/1517
https://www.tokopedia.com/desmiramedika/dr-kong-insole-bio-gel-34-anatomical?key=eyJvYiI6IjEiLCJwYWdlIjoiMSIsInNxIjoiaW5zb2xlIn0&pos=5
http://www.aliexpress.com/item/LADY-Comfortable-GEL-Silicone-3-4-Metatarsal-Pad-Orthotic-orthopedic-Arch-Support-Insole-For-High-heels/32315712871.html?spm=2114.40010508.4.114.aZnLOq

No comments:

Post a Comment

Related Posts