Tuesday, October 22, 2019

Email dengan Domain Sendiri


Ada beberapa penyedia akun email yang populer seperti Gmail, Yahoo Mail, Hotmail yang disediakan secara gratis. Namun alamat email nanti berdomain akun penyedia email tersebut, misalnya taufanyanuar@yahoo.com atau yanuartaufan@gmail.com

Memiliki email yang profesional untuk urusan bisnis dapat mendongkrak TRUST atau kepercayaan pada suatu institusi dan instansi. Terlebih email yang kredibel merupakan kebutuhan dan keharusan. Hal ini perlu karena untuk urusan surat-menyurat orang-orang lebih memilih menggunakan media email.

Bagaimana membuat alamat email menggunakan nama domain institusi atau instansi. Misalnya taufanyanuar@ipomssurabaya.com

Bagaimana caranya?

Untuk membuat email dengan domain khusus tersebut, dibutuhkan Domain dan Hosting. Selain domain, Anda juga harus punya hosting. Karena dua elemen ini adalah dua hal yang tidak terpisahkan apabila kita berbicara mengenai website maupun email.

Pada hosting yang menggunakan CPANEL, kita gunakan fitur untuk membuat email menggunakan email custom domain.
  1. Login ke cPanel terlebih dahulu. Caranya, ketik – http://domainanda.com/cpanel (ganti “domainanda.com” dengan nama domain Anda sendiri).
  2. Cari kolom Email, dan klik menu E-Mail Accounts.
  3. Isi dan lengkapi form halaman tersebut
  4. E-mail : silahkan diisi dengan e-mail yang akan dibuat. Misal Anda ingin membuat email dengan alamat budi@domainanda.com, isi dengan “budi” saja (tanpa tanda petik).
  5. Domain : pilih opsi nama domain yang akan digunakan (jika domain yang ada pada akun hosting tersebut lebih dari satu).
  6. Password : isi dengan password dari e-mail account yang ingin dibuat, lalu isikan lagi password yang sama pada isian “Password (Again)”.
  7. Mailbox Quota : isi dengan kapasitas email yang dikehendaki.
  8. Klik tombol Create Account.
  9. Akan muncul halaman berikutnya dengan keterangan “Account Created” yang artinya account email telah berhasil dibuat.
  10. Sebagai tambahan, ada baiknya aktifkan fitur Apache SpamAssassin, tujuannya untuk menangkal email spam yang akan masuk ke akun kita.
  11. Selanjutnya Anda dapat mengakses e-mail tersebut menggunakan WebMail, Thunderbird, atau Outlook, tergantung pilhan Anda.
  12. Untuk mengakses email menggunakan webmail, silahkan akses ke http://namadomain.com/webmail, lalu masukkan alamat email yg telah dibuat (misal : budi@namadomainanda.com – harus lengkap dengan @namadomainanda.com), beserta password yang tadi Anda submit.


Sumber :
https://webhostmu.com/cara-membuat-email-dengan-domain-sendiri/

No comments:

Post a Comment

Related Posts