Wednesday, March 16, 2022

Belanja Apa Saja?

Jika kita pecah pengeluaran hanya menjadi 2 kategori, yaitu makanan dan non-makanan, maka orang Indonesia paling banyak belanja untuk barang bukan makanan seperti biaya perumahan, BBM, listrik, pembelian & perawatan kendaraan, serta pulsa ponsel.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat rata-rata orang Indonesia menghabiskan Rp.111.564 dalam sebulan untuk pengeluaran biaya perumahan, itu pun belum termasuk biaya pendukung seperti listrik, air, dan gas.

Konsumsi bukan makanan sendiri paling banyak terjadi di perkotaan dengan persentase 55,43%. Sedangkan di perdesaan, 55,83% uang yang berputar dibelanjakan makanan.

Berdasarkan hasil survei Share of Wallet dari perusahaan riset global, Kadence International yang dilakukan pada segmentasi kelas ekonomi dan pola konsumsi masyarakat Indonesia pada Juli-Oktober 2013 dengan melibatkan 3.000 responden di daerah perkotaan di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Surabaya, Medan, Balikpapan, Makassar dan daerah pedesaan di wilayah Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat, diketahui bahwa pengeluaran terbesar masyarakat Indonesia ada pada kebutuhan makanan dan minuman. 

Masyarakat membelanjakan 24% dari total pendapatannya untuk membeli makanan dan minuman, 19% untuk biaya sewa, listrik, dan air, 17% untuk pakaian dan hiburan, 8% untuk produk kebutuhan rumah tangga (elektronik dan furniture), 7% untuk obat-obatan dan produk perawatan badan, 6% untuk membayar cicilan dan asuransi, 5% untuk tunjangan kepada orang tua, 5% untuk perawatan rumah dan kendaraan serta 3% untuk amal atau bersedekah.


Sumber :

https://www.cekaja.com/info/infografis-ini-kebiasaan-mayoritas-orang-indonesia-dalam-menghabiskan-uang

https://indonesiabaik.id/infografis/apa-yang-orang-indonesia-belanjakan-dengan-uangnya

No comments:

Post a Comment

Related Posts