Wednesday, March 16, 2022

Financial Literacy

Literasi keuangan atau financial literacy adalah kemampuan dalam memahami pro dan kontra dari suatu keputusan keuangan, pertimbangan biaya dan dengan percaya diri memutuskan apa yang harus dilakukan. 

Menjadi pribadi yang melek finansial bukan berarti seseorang mengetahui segala hal tentang uang melainkan melengkapi diri untuk mencari jawaban yang dibutuhkan dalam membuat keputusan keuangan yang baik.

Ada tiga komponen penting dalam literasi keuangan sebagai berikut:

  1. pengetahuan keuangan: merupakan komponen penting dalam literasi keuangan yang membantu seseorang dalam membandingkan antara produk dan layanan keuangan untuk dapat membuat keputusan keuangan yang tepat,
  2. perilaku keuangan: tindakan dan perilaku konsumen penting dalam membentuk kondisi dan kesejahteraan keuangan mereka. Beberapa perilaku, seperti gagal dalam membangun kebiasaan menabung, terlambat dalam membayar tagihan rutin bulanan, gagal dalam mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu, salah memilih produk keuangan, dapat berdampak negatif terhadap kondisi keuangan seseorang,
  3. sikap keuangan: sikap keuangan dapat mempengaruhi keputusan keuangan seseorang. Hal ini terkait pada tindakan apa yang dilakukan jika dihadapkan pada pilihan-pilihan keuangan. Misalnya, keputusan untuk berbelanja atau menabung, beli sekarang atau besok dan sebagainya.

Poin pertama yaitu pengetahuan keuangan atau Financial Knowledge adalah pengetahuan yang berfokus pada analisis, pengelolaan, dan pengambilan keputusan terkait keuangan. Mempelajari Financial Knowledge diperlukan untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan, seperti mengatur uang belanja, merencanakan tabungan, dan perencanaan keuangan lainnya. 

Sehingga dengan belajar tentang pengetahuan mengenai keuangan kita mampu mengatur dan mengelola keuangan sendiri dan membuat cash flow keuangan yang baik. 

Untuk itu kita harus menanamkan mental Sadar Kaya. Selain mental sadar kaya, juga tedapat istilah mental sadar miskin, yaitu pada sikap mental sadar miskin, ketika seseorang mendapatkan sejumlah uang secara tiba-tiba, maka orang tersebut akan berusaha menghabiskan uang yang mereka dapatkan secepat mungkin. Pada akhirnya, ketika uang tersebut habis mereka akan kebingungan untuk mendapatkan uang lagi.

Sedangkan sikap sadar kaya adalah kebalikannya, dengan pengetahuan tentang keuangan yang baik, seseorang akan mampu mengelola dengan baik keuangannya. Mereka mampu menempatkan uang tersebut pada pos-pos yang dirasa perlu dan mencari peluang untuk melipat gandakan uang yang mereka miliki. Sehingga uang yang mereka dapatkan akan menjadi modal yang terus bertambah. 

Memiliki Financial Literacy dan Financial Knowledge tidak menjamin seseorang akan menjadi sosok yang memiliki kecerdasan finasial atau Financial Intelligence.

Seorang Financial Planner menjelaskan bahwasanya terdapat 5 jenis kecerdasan finansial, yaitu 

  1. Kecerdasan penghasilan, di mana pemasukan harus lebih besar ketimbang pengeluaran alias surplus.
  2. Kecerdasan mengalokasikan pengeluaran, dengan memprioritaskan hal yang penting terlebih dahulu dan menunda kesenangan. Untuk mewujudkan kecerdasan ini, disiplin merupakan sifat yang paling utama.
  3. Kecerdasan mengembangkan uang, dengan membuat uang kita works harder for us, salah satunya dengan investasi. 
  4. Kecerdasan melindungi uang, bahkan dari tangan kita sendiri. 
  5. Kecerdasan mengelola informasi, yang terdiri dari K-A-S-H yaitu Knowledge (pengetahuan), Attitude (sikap) yang bagus, Skills (keahlian), serta Habit (kebiasaan) never ending learning.

Kecerdasan finansial atau financial quotient/FinQ merupakan ukuran kemampuan seseorang dalam memahami pentingnya perencanaan dan penerapan tata kelola keuangan yang baik.

Orang yang cerdas dalam hal kecerdasan finansial atau yang juga disebut dengan financial intelligence adalah orang yang tidak membelanjakan habis apa yang diperolehnya, namun yang bisa menginvestasikan sebagian dari pendapatannya sehingga disaat kita sudah tidak mampu bekerja lagi, kita masih tetap memperoleh hasilnya.


Sumber :

https://amp.kontan.co.id/news/lima-jenis-kecerdasan-finansial

https://newsroom.uns.ac.id/berita/kuliah-umum-keuangan-dan-kewirausahaan-miliki-kecerdasan-finansial/

https://m.antaranews.com/amp/berita/474284/apa-itu-kecerdasan-finansial

https://www.qubisa.com/microlearning/cara-memahami-financial-knowledge#showSummary

https://id.wikipedia.org/wiki/Literasi_keuangan

https://bisniz.id/financial-literacy/

No comments:

Post a Comment

Related Posts