Monday, June 15, 2020

Banana for Run


Buah pisang yang berasal dari tanaman suku Musaceae merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Semakin tinggi kadar kalium pada makanan yang dikonsumsi, risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah, karena kalium mengimbangi peran sodium dalam tubuh.

Saat mengikuti kompetisi lari marathon, saat di tengah rute lari dan terutama di akhir rute lari selalu disediakan buah pisang. Hal ini bertujuan sebagai penyeimbang asupan tubuh sebagai asupan energi bagi para pelari.

Sehingga bagi pelari, setelah berlari saat tubuh menjadi lemas dan kita akan membutuhkan energi pengganti. Manfaatnya sama dengan minuman berenergi yaitu sama-sama mengandung karbohidrat dan bisa membantu memulihkan kondisi tubuh menjadi normal.

Bedanya, pisang tidak mengandung gula yang sudah diproses, bahkan kita akan mendapatkan gula alami dari pisang.

Manfaat buah pisang antara lain sebagai berikut :
  1. Pisang mengandung potasium yang dibutuhkan untuk otot berkontraksi, mengoptimalkan fungsi saraf, transfer nutrisi ke dalam dan ke luar sel, menjaga detak jantung agar tetap normal, hingga mengatur natrium dalam tubuh.
  2. Pisang mengandung kalium yang dapat berperan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, terutama elektrolit yang hilang setelah berlari.
  3. Pisang mengandung tiga gram serat atau sekitar 10 persen dari kebutuhan harian Anda. 
  4. Pisang mengandung prebiotik, sejenis serat terfermentasi yang membantu bakteri baik dalam usus berkembang. Bakteri tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, bahkan menurunkan berat badan.
  5. Pisang mengandung gula alami pada karbohidrat, namun tidak terlalu sulit dicerna, sehingga dapat meningkatkan ketangkasan tubuh.
  6. Pisang dapat menurunkan risiko stroke, karena potasium dapat membantu menyiram natrium yang menekan kinerja jantung, sehingga potensi kerusakan yang terjadi pada jantung pun akan berkurang.


Sumber :
https://www.jpnn.com/news/5-manfaat-buah-pisang-bagi-anda-yang-hobi-lari?page=3
https://bobo.grid.id/read/08945959/setelah-olahraga-lebih-baik-makan-pisang-atau-minuman-berenergi-ya?page=all
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3614803/5-manfaat-buah-pisang-bagi-anda-yang-hobi-lari

No comments:

Post a Comment

Related Posts