Saturday, June 27, 2020

Plat L 6065 RG Diganti

Pagi ini, hari Sabtu mumpung libur waktu yang tepat pergi ke Samsat untuk mengurus pajak STNK 5 tahunan. Ini merupakan yang kedua di bulan yang sama, bulan Juni 2020, dimana sebelumnya mengurus ganti plat nomor mobil.

Dan merupakan yang kedua setelah 5 tahun yang lalu untuk membayar pajak 5 tahunan STNK.

Dari rumah aku berangkat pukul 7.15 dengan estimasi sampai di lokasi yang dituju adalah sekitar 1 jam perjalanan menggunakan sepeda motor Suzuki Thunder yang akan ganti plat nomor tersebut. Jalanan cukup lancar meskipun tidak sepi dan tidak macet seperti sebelumnya. Yang cukup ramai adalah pengendara sepeda engkol.

Setelah sampai, aku menuju loket untuk mengambil formulir dengan menyerahkan BPKB, KTP dan STNK, serta menyerahkan uang seperti yang diminta sebesar Rp 50.000, setelah itu aku menuju ke tempat fotocopy untuk memperbanyak dari BPKB, STNK dan KTP.

Kemudian selanjutnya adalah proses gesek nomor rangka dan nomor mesin. Setelah selesai menuju loket pengesahan dan duduk untuk menunggu dipanggil oleh loket tersebut pada pukul 08.35.

Setelah dipanggil selanjutnya adalah proses verifikasi, yang berada di gedung sebelah. Sebelum masuk ke loket verifikasi, ada bilik desinfektan yang harus dimasuki oleh semua orang yang hendak melakukan perpanjangan pajak motor.

Sempat tadi dipanggil dan diberhentikan oleh calo, yang mengatakan bahwa formulir harus diisi. Dan dia bermaksud membantu mengisi. Tapi tidak aku hiraukan omongan dia.

Dari loket verifikasi diarahkan ke loket Pendaftaran yang berada di dalam gedung. Cukup lumayan untuk ruang tunggunya disini, adem, karena terdapat cukup AC yang cukup. Dari loket Pendaftaran kita disuruh menunggu, sekitar pukul 09.10, sampai dipanggil untuk melakukan pembayaran di loket Kasir.

Pukul 09.21 setelah melakukan pembayaran di Kasir, kemudian menuju loket STNK yang berada diluar gedung.

Pukul 09.34, STNK dibagikan oleh petugas. Kemudian kita diminta untuk isi di buku pengambilan, yang berisi kolom nopol kendaraan, nama dan tanda tangan. Kemudian disuruh duduk kembali untuk menunggu plat nomor.

Pukul 09.47, masih di loket yang sama, plat nomor yang baru kemudian dibagikan. Selanjutnya disuruh bergeser di loket BPKB yang berada di sebelahnya, untuk mengurus atau update nopol kendaraan yang nantinya akan tertera di BPKB.

Dan pukul 09.51 akhirnya semua proses penggantian plat nomor L 6065 RG.

No comments:

Post a Comment

Related Posts