Tuesday, March 26, 2013

Nasi Becek Nganjuk



Nasi becek adalah hidangan khas yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia.

Rasanya cenderung manis berbeda dengan hidangan ala Jawa Timuran yang cenderung asin.
Para penjual nasi becek dapat di jumpai didaerah sekitar jalan Dr. Soetomo di kota Nganjuk.

Nasi becek adalah hidangan yang mirip dengan kari/kare kambing. Isi dari sego becek nyaris serupa dengan soto babat, plus diberi potongan sate kambing yang telah dilepasi dari tusuk satenya serta diberi potongan bawang merah.


Nasi becek di sajikan dengan kuah menyerupai soto tapi dicampurkan dengan bumbu sambel kacang yang mirip dengan bumbu sate serta toge / kecambah, bawang merah. Hampir mirip dengan gule tapi encer.

Nasi becek cocok disajikan dengan kuah agak panas. 

Cara pengolahannya berbeda dan unik di mana pada umumnya air rebusan daging dan jeroan di pakai sebagai kuah tetapi untuk kali ini kuah itu di buang dan diganti dengan air yang baru, dengan cara ini kita bisa menghilangkan bau amis.

Keunikan lain nya dari Nasi becek ini adalah tidak ada saingan antara dua saudara yaitu ibu Tien dan Ibu Prapti tempat ini buka pukul 7 pagi sampe habis terdiri dari 2 shift di mana kalau pagi yang berjualan ibu Prapti dan kalau sore sampe malem ibu Tien dan ketika ibu Prapti selesai berjualan semua adonan mulai kuah dan sate kambing nya pun di bawah pulang sama hal nya ini dengan ibu Lies.


Konon nasi becek daging kambing yang berdiri sejak 1950 tetap menjaga cita rasanya.

Menurut 2 bersaudara ini masing masing dari kami mempunyai ciri khas.