Saturday, March 29, 2014

Inspirasi Film Ayah dan Anak

Ayah adalah watak dan pelaku utama kepada kecemerlangan keluarga, bukan hanya sekadar figur dalam rumah tangga. Menjadi seorang ayah perlu profesional, menghormati dan mudah berkomunikasi. 

Kepimpinan seorang ayah harus hadir secara utuh dalam keluarga kerana ia secara nyata terkesan kepada psikologi anak-anak. Mereka perlukan model perilaku maskulin dari seorang ayah.

Peranan seorang ayah dalam mengasuh anak-anak adalah untuk mewujudkan rasa aman, kasih sayang dan persefahaman sesama anggota keluarga. 

Berikut adalah inspirasi dari film tentang hubungan ayah dan anak.





1. Over the Top (1987)

Walaupun mempunyai sifat keras seperti batu, perangai liar layaknya harimau, ambisi kuat bagaikan badai, seorang ayah tetaplah ayah, sosok laki-laki yang terkadang bisa menitikkan air mata jika tengah dirundung rindu dengan sang buah hati. 

Lincoln Hawk (Sylvester Stallone) adalah seorang pengemudi truk yang berusaha mendapatkan ‘perhatian’ dari putera semata wayangnya. Kenapa perhatian? karena sewaktu dia menikah dengan istrinya Chistina (Susan Blakely), orang tua Susan, Jason (Robert Loggia) menentang hingga akhirnya berusaha memisahkan kedua pasangan ini. Ketika Susan jatuh sakit keras, sebelum menjalani operasi penyembuhan dia memutuskan agar Michael (David Mendenhall) putranya, untuk tinggal dengan ayahnya, Lincoln. 

Hal tersebut tentunya sangat menggembirakan bagi Lincoln, karena mengingat sejak sang putera lahir hingga besar dia belum pernah menemuinya secara langsung karena halangan dari sang ayah mertua tentunya. Dan selama ini komunikasi dengan istri mengenai perkembangan putra kesayangan hanya melalui surat serta beberapa kiriman foto.

Rasa canggung, aneh, serta kikuk dirasakan oleh Michael, karena memang dari kecil dia sudah terdoktrin oleh kakeknya (ayah Susan) agar menjauhi sang ayah. Menurut gambaran kakeknya, ayahnya adalah seorang pecundang, pemabuk, dan suka berbuat onar. Tapi hal tersebut seakan sirna ketika kedua insan ini menjalani perjalan bersama kekota tujuan menuju tempat dimana ibu Michael atau Susan akan menjalani proses operasi.


Diatas truk yang dikemudikan Lincoln, mereka berdua belajar saling mengenal pribadi masing-masing. Disela-sela acara bercengkrama mereka berdua, Michael baru tahu jika ternyata ayahnya bukan seorang supir truk biasa, dia juga merupakan seorang juara arm wrestler yang saat itu tengah diceritakan bertekad mengikuti kejuaraan adu panco sedunia yang diadakan di Las Vegas.





2. Mrs. Doubtfire (1993)

Daniel Hillard merasa terpukul ketika ia kehilangan hak asuh atas ketiga anaknya saat bercerai dengan Miranda. Miranda sang mantan istrinya yang wanita karier, mencari seorang pengasuh anak-anaknya. Daniel berusaha mengambil kesempatan ini untuk bisa dekat dengan anak-anaknya. Ia pun menyamar sebagai Mrs. Doubtfire, yaitu karakter seorang nanny elegan yang berasal dari Skotlandia. 

Penyamaran Daniel berhasil, tidak seorangpun di antara anak-anak dan mantan istrinya yang mengenalinya. Daniel terus belajar menjadi orangtua yang ideal bagi anak-anaknya sambil menjalani perannya sebagai pengasuh anak.




3. Lion King (1994)

Kehangatan hubungan ayah dan anak. Protagonis kita Simba (disuarakan Jonathan Taylor Thomas) adalah ahli waris Mufasa (James Earl Jones), raja Kerajaan Singa. Sang ayah yang bijak mengajarkan Simba tentang kepemimpinan dan bagaimana bertahan hidup dengan cara melindungi penuh cinta. 

Simba sangat mencintai dan memuja ayahnya. Mufasa mati karena berusaha menyelamatkan Simba,  saat terperangkap dalam jebakan buatan Scar (Jeremy Irons), pamannya yang jahat. Simba merasa sangat bersalah dan memilih pergi. Tapi, di hatinya, dia tetap menyimpan seluruh kenangan indah bersama sang ayah tercinta.




4. Finding Nemo (2003)


Setelah kehilangan keluarganya, Marlin (si ikan badut) menjadi over protektif terhadap Nemo sang anak satu-satunya. Ia melarang Nemo menjelajahi area baru dan tempat-tempat yang tidak biasa dilalui anaknya. Marlin mengekang Nemo dengan alasan ia takut sesuatu yang buruk akan menimpa Nemo. Yang terjadi justru Nemo merasa bosan dengan rutinitas tersebut dan melanggar semua aturan sang ayah. Akibatnya, ia terjaring oleh nelayan dan dibawa ke daratan untuk di jual. Marlin pun memulai petualangan tanpa lelah untuk mencari Nemo yang hilang.




5. The Pursuit of Happyness (2006)

Kesulitan yang dialami Chris Gardner sebagai seorang salesman menjadi semakin berat, setelah istrinya meninggalkannya. Ia harus mengurus anaknya seorang diri dan berusaha mendapatkan pekerjaan tetap. Gardner kehilangan tempat tinggal, tabungan, dan kartu kredit yang memaksanya tinggal di tempat penampungan para gelandangan. 


Meskipun memiliki beban masalah yang berat, Gardner terus berkomitmen dan berusaha menjadi seorang ayah yang penuh cinta dan peduli dengan anaknya. Gardner percaya bahwa anak adalah bagian dari hidupnya, bukan beban. Ia memposisikan anak sebagai faktor pendorong untuk terus berusaha dalam mengatasi hambatan hidup dan mencoba untuk meraih harapan dan kesuksesan. 




6. Real Steel (2011)

Charlie Kenton (Hugh Jackman) adalah mantan petinju yang saat ini menjadikan laga tinju robot sebagai mata pencahariannya. Sayangnya Charlie bukanlah seorang pengendali robot yang baik. Robot tinjunya selalu mengalami kekalahan sehingga Charlie berada dalam kesulitan finansial.

Lalu kakak iparnya Debra (Hope Davis) dan suaminya Marvin (James Rebhorn), datang dengan sebuah surat untuk meminta hak asuh penuh terhadap anak Charlie, Max (Dakota Goyo), yang kini hidup seorang diri setelah ibunya meninggal dunia. 

Melihat peluang bahwa ia dapat memperoleh aliran dana segar, Charlie lalu ‘menjual’ Max kepada Marvin dengan persyaratan bahwa Charlie mau menjaga dan merawat Max. Dengan uang yang ia dapatkan dari Marvin, Charlie akhirnya membeli sebuah robot baru yang akan ia gunakan untuk bertarung. 

Namun, bersamaan dengan perjalanan waktu, hubungan Charlie dan Max secara perlahan mulai menghangat.

Hubungan antara ayah dan anak yang terasa nyata dan penuh emotional adalah dimana sang ayah yang memiliki tingkat keegoisan yang tinggi, harus berhadapan dengan putranya yang tak pernah menyerah dalam hal apapun, dalam tujuan memperbaiki hubungan batin antara ayah dan anak.


Sumber :
http://amiratthemovies.wordpress.com
http://www.bestlife.co.id
http://dwinugros.wordpress.com
http://hiburan.kompasiana.com
http://kamarilham.blogspot.com
http://www.superkidsindonesia.com